Kelebihan dan Kekurangan Naik Bus dengan Sasis Tronton

Kompas.com - 03/05/2021, 16:12 WIB
Bus AKAP baru PO Sudiro Tungga Jaya DOK. LAKSANABUSBus AKAP baru PO Sudiro Tungga Jaya

JAKARTA, KOMPAS.com – Perkembangan bus di Indonesia sudah semakin modern saat ini. Didukung infrastruktur jalan yang baik, berbagai PO bus menambah armadanya dengan merek-merek premium sehingga menambah kenyamanan penumpang.

Salah satu model sasis premium yang sekarang cukup banyak digunakan PO bus adalah sasis tronton. Sasis tronton artinya memiliki tiga as roda dan salah satu as roda di belakang menjadi penggeraknya (6x2).

Lalu apa saja kelebihan dari sasis bus tronton ini? Apakah ada kekurangannya juga?

Baca juga: Fungsi Utama Behel Sepeda Motor Bukan untuk Pegangan Boncenger

Bus AKAP baru PO Gunung HartaInstagram/hisyam_2542 Bus AKAP baru PO Gunung Harta

Anggota Forum Bismania Indonesia Dimas Raditya mengatakan, kalau untuk sisi penumpang, ada tiga kelebihan yang dirasakan ketika naik bus dengan sasis tronton.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Pertama lebih nyaman, lalu minim limbung, dan pasti terasa lebih prestise dibanding naik bus lainnya,” ucap Dimas kepada Kompas.com, Senin (3/5/2021).

Lebih nyaman pertama karena rata-rata sasis bus tronton sudah menggunakan suspensi udara. Oleh karena itu, infrastruktur jalan yang bagus ditambah bus yang memakai air suspension semakin menambah kenyamanan penumpang.

Baca juga: Klasemen MotoGP 2021, Bagnaia Salip Quartararo, Rossi Ketiga Terbawah

“Kedua, walaupun bisa dipasang bodi super tinggi bahkan tingkat, manuver bus terasa minim limbung. Terbantu dengan sumbu rodanya yang ada tiga tadi,” kata Dimas.

Ketiga, terasa lebih prestise karena di Indonesia, baru Scania, Mercedes Benz, Volvo dan MAN yang memiliki sasis tronton. Kemudian dari harga sasisnya juga fantastis, bisa di atas Rp 2 miliar.

“Kekurangannya paling dari harga sasisnya yang mahal. Lalu bisa berpengaruh juga dengan harga tiketnya karena biasanya sasis tronton kelas layanannya lebih tinggi daripada yang biasa,” ucapnya.

Bus AKAP baru PO STJINSTAGRAM/IPAN_FANANI18 Bus AKAP baru PO STJ

Pemilihan sasis bus tronton di mata pengusaha bus biasanya sudah penuh perhitungan. Misalnya seperti PO SAN yang beberapa waktu lalu merilis delapan unit bus tronton dan digunakan untuk kelas bisnis atau VIP.

“Dari dimensi bodi bus yang dipasang ke sasis tronton bisa memuat seat lebih banyak, namun tetap nyaman. Dengan konfigurasi 2-2, bus biasa bisa 40 seat, sedangkan dengan sasis tronton bisa 56 seat dengan toilet,” ucap pria yang akrab disapa Sani kepada Kompas.com.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X