Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembalinya Marquez Jadi Hal Paling Positif bagi Honda Tahun ini

Kompas.com - 26/04/2021, 07:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP Portugal merupakan balapan yang paling ditunggu oleh tim pabrikan Honda karena Marc Marquez kembali balapan. Bahkan, kembalinya pebalap asal Spanyol ini disebut sebagai hal paling positif bagi Honda di musim ini.

Hebatnya, Marc tak hanya sekadar menyelesaikan balapan. Dia bahkan tampil cukup kompetitif dan finis di sepuluh besar.

Marc yang start dari posisi keenam berhasil bertahan di sepanjang balapan. Dia finis di urutan ketujuh di Sirkuit Portimao, yang disebut sebagai salah satu sirkuit tersulit.

Baca juga: Pol Espargaro Ingin Duel dengan Marc Marquez Saat Balapan

Direktur Honda Racing Corporation (HRC) Tetsuhiro Kuwata, mengatakan, kembalinya Marc ke atas motor merupakan tujuan utama Honda selama beberapa bulan belakangan ini.

"Ini adalah hal paling positif di akhir pekan atau mungkin sepanjang tahun ini," ujar Kuwata, dikutip dari GPone.com, Minggu (25/4/2021).

Marc Marquez saat sesi latihan bebas pada MotoGP Portugal 2021. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)PATRICIA DE MELO MOREIRA Marc Marquez saat sesi latihan bebas pada MotoGP Portugal 2021. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)

Kuwata mengatakan, dirinya sangat senang kembali balapan lagi. Dia pun tidak ragu dengan pendekatan yang dilakukan Marc pada saat balapan.

"Dia mulai berjuang, mencoba untuk bertahan di depan, tapi tentunya dia kelelahan dan akhirnya finis, dan mendapat sembilan poin yang sangat berguna," kata Kuwata.

Baca juga: Tangkis Trauma, Marc Marquez Justru Pede di Sirkuit Jerez

Menurutnya, Marc mengerti bagaimana caranya kembali kompetitif setelah sembilan bulan tidak berada di atas RC213V.

"Saya ingin berterima kasih pada semua Repsol Honda Team dan HRC Staff atas kesabarannya dan dedikasinya, dan sekarang kami bisa fokus untuk seri berikutnya di Jerez," ujar Kuwata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com