Memahami Cara Kerja Mesin 2-tak pada Sepeda Motor Lama

Kompas.com - 26/04/2021, 04:02 WIB
Yamaha RX King Foto: IstimewaYamaha RX King

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin 2-tak cukup lazim di Indonesia, terutama pada sepeda motor lansiran era 1980 sampai akhir 1990-an. Hampir seluruh merek Jepang yang menguasai pasar motor di Tanah Air punya motor dengan mesin ini.

Sebut saja, Yamaha RX-King, Suzuki Satria, atau Kawasaki Ninja 150 R, yang cukup jadi favorit di pasar kala itu.

Mesin 2-tak memiliki bobot yang lebih ringan dibanding mesin 4-tak. Selain itu, dengan ukuran yang sama, mesin 2-tak mampu menghasilkan tenaga lebih besar dari mesin 4-tak.

Kombinasi mesin yang ringan dan mampu menghasilkan tenaga yang besar menjadikan mesin 2-tak memiliki rasio daya terhadap berat lebih besar dibandingkan mesin 4-tak. Sistem kerja mesin 2-tak pun lebih sederhana.

Lantas bagaimana cara kerja mesin 2-tak?

Baca juga: Jelang Lebaran, Berburu Mobil Harga Rp 20 Jutaan di Surabaya

Downward stroke mesin 2-takAutoexpose Downward stroke mesin 2-tak

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilansir dari HowStuffWorks pada Minggu (25/4/2021), kerja mesin 2-tak bermula ketika busi memantik proses pembakaran ruang atas piston yang berisi campuran udara dan bahan bakar yang sudah terkompresi. Daya ledakan yang dihasilkan mendorong piston ke titik mati bawah (TMB).

Ketika piston bergerak turun, saluran buang terbuka. Tekanan yang dihasilkan piston mendorong gas buangan keluar melalui saluran buang. 

Saat piston pada posisi TMB ini pula, ruang atas piston kembali terisi oleh campuran udara dan bahan bakar dari crank case.

Baca juga: Jelang Peluncuran Brosur Toyota Raize Bocor, Simak Fitur-Fiturnya

Upward stroke mesin 2-takAutoexpose Upward stroke mesin 2-tak

Momentum yang terjadi membuat piston bergerak naik kembali menuju atas untuk memampatkan campuran udara dan bahan bakar yang sudah berada di atas piston.

Saat piston bergerak naik, saluran buang tertutup dan saluran masuk terbuka. Campuran udara dan bahan bakar dari karburator tersedot masuk mengisi crank case.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.