Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Baru PO ANS, Single Glass Gaya Eropa

Kompas.com - 22/04/2021, 17:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada bulan Ramadhan biasanya menjadi momen Perusahaan Otobus (PO) merilis armada barunya. Biasanya, hadirnya armada baru ini untuk meramaikan musim mudik.

Walau mudik di tahun 2021 dilarang, beberapa PO bus tetap merilis armada barunya. Misalnya seperti PO Anas Nasional Sejahtera atau biasa disebut ANS yang baru saja merilis dua armada barunya dari karoseri Morodadi Prima di Malang.

Bodi bus yang digunakan PO ANS kali ini sedikit berbeda dibanding New Patriot biasa, karena model ini menggunakan kaca model single glass.

Hal ini memang bertolak belakang dengan tren model bus saat ini yang kebanyakan memakai model double glass.

Baca juga: Cara Bikin Ribet Maling Sepeda Motor

Bus AKAP baru PO ANSDOK. MORODADI PRIMA Bus AKAP baru PO ANS

Marketing karoseri Morodadi Prima Donny Cahyadi mengatakan, perbedaan paling jelas tentunya ada di bagian depan karena kaca yang digunakan model tunggal, seperti bus-bus lama.

“Bagian samping dan belakang juga ada sedikit perbedaan dengan model double glass. Kalau interiornya tetap sama,” ucap Donny kepada Kompas.com, Kamis (22/4/2021).

Untuk bagian depan, selain kacanya yang jadi single, ada aksen berwarna hitam di bawah kaca depan yang memberi kesan kaca yang luas. Spionnya juga tetap memakai model tanduk yang modern.

Baca juga: Kolaborasi Toyota-Daihatsu Berlanjut, Raize dan Rocky Siap Meluncur

Beralih ke bagian samping, ada side garnish atau selendang model baru. Model selendang di varian single glass ini terlihat lebih besar dan memiliki tulisan “Patriot” di selendangnya.

“Bagian belakang ada perbedaan di kisi-kisinya dan lampu belakang. Perbedaan lampu belakang ini karena variasi lampunya tidak dipakai,” kata Donny.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Karoseri Morodadi Prima (@morodadiprima.karoseri)

Untuk kabinnya, tidak ada ubahan, masih menggunakan susunan bangku 2-2 dengan leg rest buatan Hai Rimba Kencana. Selain itu ada sekat di bagian depan dan toilet di bagian belakang kabin bus.

“Untuk bodi single glass ini nanti customer bisa memilih, jadi ada dua varian bodi Patriot. Ada empat unit yang sedang dibuat, hari ini dua dulu yang rilis,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com