Penting Mengontrol Emosi Ketika Berkendara

Kompas.com - 22/04/2021, 10:42 WIB
Ilustrasi berkendara atau riding. Dok. ShutterstockIlustrasi berkendara atau riding.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengendarai sepeda motor membutuhkan konsentrasi yang tinggi dan ketenangan. Untuk itu, penting untuk mengontrol emosi ketika sedang berkendara.

Beberapa faktor bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan mulai dari faktor manusia, kendaraan, dan lingkungan.

Baca juga: Kiat Redam Emosi Berkendara Saat Puasa

“Kecelakaan yang disebabkan oleh faktor manusia seperti tidak menaati peraturan lalu lintas, perawatan kendaraan yang kurang baik, etika kurang baik dan emosi yang tidak terkontrol ketika berkendara,” ujar Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, dalam keterangan resminya.

Kemacetan di Jl Jatinegara Raya karena satu ruas dialihkan buat menguras air banjir, Sabtu (20/2/2021).KOMPAS.com/THERESIA SIMANJUNTAK Kemacetan di Jl Jatinegara Raya karena satu ruas dialihkan buat menguras air banjir, Sabtu (20/2/2021).

Ludhy menambahkan, faktor psikologis atau kondisi emosional saat berkendara sangat mempengaruhi keselamatan berkendara.

Apabila kondisi emosional pengendara dalam keadaan marah atau sedih sebaiknya disarankan untuk tidak terlebih dahulu mengendarai motor, karena bisa saja kita tidak konsentrasi dalam mengendarai motor.

Selain perasaan sedih, menurut Ludhy, perasaan bahagia juga dapat mempengaruhi cara dalam mengendarai motor.

Sebab, perasaan gembira yang berlebihan juga bisa menyebabkan hilang kontrol terhadap kendaraan dan berisiko mengakibatkan kecelakaan bagi pengendara.

Baca juga: Begini Cara Agar Tidak Emosi Saat Mengemudi di Indonesia

Sebelum berkendara baik dengan jarak yang dekat atau jauh, sebaiknya pastikan keadaan kondisi emosi kita dengan baik.

“Keadaan kondisi di jalan raya juga akan mempengaruhi emosi kita menjadi berubah-ubah, maka sebaiknya kita harus bisa menjaga emosi sebaik mungkin saat berkendara,” kata Ludhy.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X