Larangan Mudik, Tol Layang Japek Ditutup, Polisi Jaga Penyekatan 24 Jam

Kompas.com - 19/04/2021, 12:51 WIB
Gerbang Jalan Tol Layang Jakarta - Cikampek di Cawang, Jakarta ditutup, Sabtu (2/5/2020). Penutupan Jalan Tol Layang Jakarta - Cikampek dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 selama masa mudik Idul Fitri 1441 H. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOGerbang Jalan Tol Layang Jakarta - Cikampek di Cawang, Jakarta ditutup, Sabtu (2/5/2020). Penutupan Jalan Tol Layang Jakarta - Cikampek dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 selama masa mudik Idul Fitri 1441 H.

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk memaksimalkan penyekatan saat larangan mudik Lebaran, jajaran Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan menutup akses jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) yang sekarang berganti nama menjadi Mohamed Bin Zayed (MBZ).

Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Rudi Antariksa mengatakan, soal penutupan sementara tol layang terpanjang di Indonesia yang jadi akses mobil pribadi untuk keluar Jakarta itu memang sudah direncanakan.

"Betul rencana akan seperti itu. Soal kapan dan mekanismenya nanti masih kita koordinasikan," ujar Rudi dalam pesan singkatnya kepada Kompas.com, Kamis (15/4/2021).

Baca juga: Larangan Mudik Lebaran 2021, Berikut Titik Penyekatan di Jadetabek

Petugas kepolisian mengarahkan kendaraan pribadi yang melintas di tol Jakarta-Cikampek untuk keluar melalui pintu tol Cikarang Barat 3, Jawa Barat, Kamis (21/5/2020). Petugas gabungan memberlakukan penyekatan gelombang pemudik jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah.ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI Petugas kepolisian mengarahkan kendaraan pribadi yang melintas di tol Jakarta-Cikampek untuk keluar melalui pintu tol Cikarang Barat 3, Jawa Barat, Kamis (21/5/2020). Petugas gabungan memberlakukan penyekatan gelombang pemudik jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah.

Seperti diketahui, tahun lalu saat ada larangan mudik Lebaran, akses jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek juga ditutup, baik saat arus mudik hingga arus balik.

Kondisi tersebut dilakukan agar pemeriksaan penyekatan lebih terkontrol di jalan Tol Jakarta-Cikampek konvensional atau akses bawah.

Saat mengkonfirmasi soal rencana penutupan sementara tersebut, Dwimawan Heru, Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, mengatakan, bila kondisi tersebut sebenarnya sangat mungkin dilakukan.

Pintu masuk Tol Layang Jakarta - Cikampek diberi barikade setelah penutupan sementara,  Jumat (24/4/2020). Penutupan tol layang ini terkait pemberlakuan larangan mudik mulai mulai 24 April 2020 pukul 00.00 WIB untuk mencegah penyebaran Covid-19.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Pintu masuk Tol Layang Jakarta - Cikampek diberi barikade setelah penutupan sementara, Jumat (24/4/2020). Penutupan tol layang ini terkait pemberlakuan larangan mudik mulai mulai 24 April 2020 pukul 00.00 WIB untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Rekayasa lalu lintas memungkinkan hal itu, tapi kewenangannya ada di kepolisian. Kami sebagai operator tentunya mendukung di lapangan dengan personil, sarana prasarana dan pemberian informasi kepada pengguna jalan," ucap Heru.

Sementara itu, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, pihaknya sudah memetakan 31 lokasi penyekatan yang terdiri dari 14 titik dan 17 pos check point. Selain itu, akan ada ribuan personel yang diturunkan.

Baca juga: Sebelum 6 Mei Boleh Mudik, Ini Harga Tiket Bus Eksekutif Jakarta-Kebumen

"Kita turunkan 1.313 personel di seluruh titik saat larangan Lebaran berlaku pada 6-17 Mei mendatang. Penjagaan akan dilakukan selama 24 jam, semua yang lewat akan diperiksa. Kalau tidak punya SIKM kita putar balik," ucap Sambodo dilansir dari NTMC, Minggu (18/4/2021).

Tol Layang Jakarta - Cikampek di ruas Km 31 Cikarang, Kabupaten Bekasi, tampak kosong setelah diberlakukan penutupan,  Jumat (24/4/2020). Penutupan tol layang ini terkait pemberlakuan larangan mudik mulai mulai 24 April 2020 pukul 00.00 WIB untuk mencegah penyebaran Covid-19.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Tol Layang Jakarta - Cikampek di ruas Km 31 Cikarang, Kabupaten Bekasi, tampak kosong setelah diberlakukan penutupan, Jumat (24/4/2020). Penutupan tol layang ini terkait pemberlakuan larangan mudik mulai mulai 24 April 2020 pukul 00.00 WIB untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Sementara untuk titik lokasinya sebagi berikut :

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X