Kompas.com - 16/04/2021, 10:42 WIB
Ilustrasi pecah ban tsikot.com Ilustrasi pecah ban

NGANJUK, KOMPAS.com - Terjadi kecelakaan maut antara mobil dengan motor di daerah Nganjuk, Jawa Timur pada Kamis (15/4/2021).

Dilansir dari grup Facebook Info Kecelakaan Hari Ini, kecelakaan tersebut diakibatkan ban mobil pecah saat sedang melaju dengan kecepatan tinggi.

Baca juga: Skutik Libas Turunan Tajam, Jangan Tutup Gas

Tangkapan layar sepeda motor yang terlibat kecelakaan akibat ban mobil pecah di Nganjuk, Kamis (15/4/2021)Akun Facebook Zacky Wahyudhi Tangkapan layar sepeda motor yang terlibat kecelakaan akibat ban mobil pecah di Nganjuk, Kamis (15/4/2021)

Sebetulnya kejadian ban pecah pada mobil dapat dihindari jika pengemudi memahami akan load index dan speed index pada ban yang dipasang.

Load index adalah batas kemampuan maksimal ban untuk mengangkut beban. Sementara itu speed index, yaitu batas kemampuan maksimal laju ban.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pabrikan merancang ban untuk tiap kebutuhan dengan load index dan speed index yang sudah disesuaikan agar ban dapat bekerja dengan risiko kerusakan minimal.

Dengan memahami load index dan speed index pada ban yang terpasang, pengemudi harusnya tidak memaksakan ban untuk bekerja melebihi batas kemampuan maksimal.

Baca juga: Inovasi Karoseri Adiputro Kala Pandemi Covid-19

Ilustrasi pecah ban: Kecelakaan tunggal di Tol Jagorawi, Minggu (15/9/2019), karena mobil mengalami pecah ban.Shutterstock Ilustrasi pecah ban: Kecelakaan tunggal di Tol Jagorawi, Minggu (15/9/2019), karena mobil mengalami pecah ban.

Marcell Kurniawan selaku Training Director The Real Driving Center (RDC) pun membenarkan bahwa tiap ban sudah ditentukan speed index-nya masing-masing. 

"Begitu pula dengan load index, karena tiap model juga memiliki beban yang berbeda-beda. Untuk melihat load index dan speed index, terdapat di dinding ban. Tepatnya dua kode terakhir," ujar Marcell saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Load index menggunakan kode angka dua digit, sedangkan speed index menggunakan kode atau simbol huruf. Sebagai contoh, kode yang tertera pada ban tertulis 175/65 R14 82H. Maka 82 adalah load index dan H adalah speed index.

Untuk informasi lebih detil, berikut tabel lengkap mengenai load index dan speed index pada ban mobil.

Daftar load index dan speed index ban.Kompasiana Daftar load index dan speed index ban.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.