Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Mengurangi Risiko Ban Pecah

Kompas.com - 16/04/2021, 10:42 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

NGANJUK, KOMPAS.com - Terjadi kecelakaan maut antara mobil dengan motor di daerah Nganjuk, Jawa Timur pada Kamis (15/4/2021).

Dilansir dari grup Facebook Info Kecelakaan Hari Ini, kecelakaan tersebut diakibatkan ban mobil pecah saat sedang melaju dengan kecepatan tinggi.

Baca juga: Skutik Libas Turunan Tajam, Jangan Tutup Gas

Tangkapan layar sepeda motor yang terlibat kecelakaan akibat ban mobil pecah di Nganjuk, Kamis (15/4/2021)Akun Facebook Zacky Wahyudhi Tangkapan layar sepeda motor yang terlibat kecelakaan akibat ban mobil pecah di Nganjuk, Kamis (15/4/2021)

Sebetulnya kejadian ban pecah pada mobil dapat dihindari jika pengemudi memahami akan load index dan speed index pada ban yang dipasang.

Load index adalah batas kemampuan maksimal ban untuk mengangkut beban. Sementara itu speed index, yaitu batas kemampuan maksimal laju ban.

Pabrikan merancang ban untuk tiap kebutuhan dengan load index dan speed index yang sudah disesuaikan agar ban dapat bekerja dengan risiko kerusakan minimal.

Dengan memahami load index dan speed index pada ban yang terpasang, pengemudi harusnya tidak memaksakan ban untuk bekerja melebihi batas kemampuan maksimal.

Baca juga: Inovasi Karoseri Adiputro Kala Pandemi Covid-19

Ilustrasi pecah ban: Kecelakaan tunggal di Tol Jagorawi, Minggu (15/9/2019), karena mobil mengalami pecah ban.Shutterstock Ilustrasi pecah ban: Kecelakaan tunggal di Tol Jagorawi, Minggu (15/9/2019), karena mobil mengalami pecah ban.

Marcell Kurniawan selaku Training Director The Real Driving Center (RDC) pun membenarkan bahwa tiap ban sudah ditentukan speed index-nya masing-masing. 

"Begitu pula dengan load index, karena tiap model juga memiliki beban yang berbeda-beda. Untuk melihat load index dan speed index, terdapat di dinding ban. Tepatnya dua kode terakhir," ujar Marcell saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Load index menggunakan kode angka dua digit, sedangkan speed index menggunakan kode atau simbol huruf. Sebagai contoh, kode yang tertera pada ban tertulis 175/65 R14 82H. Maka 82 adalah load index dan H adalah speed index.

Untuk informasi lebih detil, berikut tabel lengkap mengenai load index dan speed index pada ban mobil.

Daftar load index dan speed index ban.Kompasiana Daftar load index dan speed index ban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com