Merek Lokal ini Berencana Terjun ke Pasar Mobil Listrik Mungil

Kompas.com - 12/04/2021, 07:22 WIB
Sepeda listrik Largo HXR-Series Foto: LargoSepeda listrik Largo HXR-Series

JAKARTA, KOMPAS.com - Largo eBike hadir memeriahkan segmen kendaraan listrik di Indonesia. Merek lokal itu menawarkan sepeda listrik premium bergaya klasik.

Untuk awalan, Largo menghadirkan tiga model sekaligus yaitu L-Series, HXR-Series dan HXR2-Series. Tampilannya terinspirasi dari genre Roundtank & Broadtracker yang besar di awal 1900-an.

Baca juga: Merek Lokal Largo eBike, Luncurkan 3 Model Sepeda Listrik Klasik

Sepeda listrik Largo HXR-SeriesFoto: Largo Sepeda listrik Largo HXR-Series

Ke depan, Largo eBike sudah menyiapkan peta jalan untuk bersaing di bursa kendaraan listrik murni. Tapi alih-alih membuat motor listrik, Largo ingin terjun di segmen mobil listrik.

"Motor (listrik) kalau secara pribadi belum. Malah kemungkinan micro car untuk small EV, bisa roda tiga," kata Trias Afiandy, Principal Design Largo, kepada Kompas.com, akhir pekan lalu.

Trias belum bisa merinci lebh jauh soal proyek mobil mungil bertenaga listrik tersebut. Tapi dia mengatakan pihaknya ingin masuk ke segmen itu karena belum banyak pemainnya.

Sepeda listrik Largo HXR2 Foto: Largo Sepeda listrik Largo HXR2

"Karena kalau saya pribadi saya lihat belum banyak yang ke arah situ. Kalau untuk sepeda dan motor listrik sudah banyak banget," katanya.

Baca juga: Harga Setara Ninja 250, Largo eBike Incar Pehobi Otomotif

Sepeda listrik

Soal sepeda listrik, kata Trias, bisa jadi salah satu pembuka percepatan tren kendaraan listrik di Indonesia. Sebab teknologinya terbuka dan siapapun bisa membuatnya.

Sepeda listrik Largo L-SeriesFoto: Largo Sepeda listrik Largo L-Series

"Ini industri yang masih sangat muda. Kalau kita ngobrol di UMKM, buat otomotif terbuka sekali, dan buat di kelas sepeda, yang lokal atau perorangan bisa masuk karena teknologinya tidak bisa dimonopoli," katanya.

"Kalau motor sulit buat perorangan. Tapi kalau ini siapapun bisa. Harapan saya mumpung industri ini di gelombang pertama, ke depannya bakal banyak yang membanjiri dari brand baru lokal," kata Trias.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.