Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/04/2021, 16:22 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Motor matik dengan segala kemudahan perawatannya tentu juga memerlukan perhatian khusus. Jangan sampai persoalan kecil nantinya akan menjadi masalah besar dan malah merugikan.

Beberapa kerusakan kecil yang jarang diperhatikan salah satunya adalah rembes pada bagian Continuously Variable Transimission (CVT). Rembes pada bagian CVT bisa disebabkan oleh berbagai faktor.

Baca juga: Mudik Jauh Dilarang, Pemerintah Izinkan Mudik Lokal

Yunus Prihandoyo yang merupakan mekanik salah satu bengkel AHASS di Solo, Jawa Tengah mengatakan, rembes pada CVT motor matik kemungkinan itu merupakan oli gardan, sebab pada kendaraan matik oli mesin dengan oli transmisi terletak di bagian yang berbeda.

Suasana saat santri Madrasah Al Quran Al Hidayah, Desa Sumberjosari, Kecamatan Karangrayung, Grobogan, Jawa Tengah menggelar servis gratis di Desa Nampu, Kecamatan Karangrayung Grobogan, Rabu (4/11/2020).  KOMPAS.COM/PUTHUT DWI PUTRANTO NUGROHO Suasana saat santri Madrasah Al Quran Al Hidayah, Desa Sumberjosari, Kecamatan Karangrayung, Grobogan, Jawa Tengah menggelar servis gratis di Desa Nampu, Kecamatan Karangrayung Grobogan, Rabu (4/11/2020).  

"Kalau rembes pada CVT dilihat dulu sumbernya dari mana, pada mesin bagian CVT sudah didesain sedemikian rupa sehingga ketika ada masalah akan dapat terdeteksi dengan mudah," kata Yunus kepada kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Adu Interior Almaz RS dan CR-V Facelift, Mana yang Lebih Mewah?

Rembes pada bagian CVT motor matik kemungkinannya ada dua, yakni seal karet yang berada di kruk as, dan bisa juga karena perpak packing yang menghubungkan antar blok CVT.

Yunus menjelaskan, kebanyakan yang mengalami rembes pada bagian CVT motor matik adalah bagian seal karet kruk as.

Kruk as sendiri berfungsi sebagai penerus gerak naik turun piston yang diubah menjadi gerak berputar yang akan disalurkan ke pulley depan dan menjadi tenaga yang bisa menggerakkan roda dengan bantuan v-belt.

Perawatan CVT pada motor matikIstimewa Perawatan CVT pada motor matik

Penyebab kerusakan pada seal kruk as ini biasanya disebabkan karena seal sudah termakan usia. Dengan suhu yang tidak menentu, kadang panas dan juga dingin membuat seal karet tersebut akan getas dan mengeras sehingga kerjanya tidak maksimal.

Baca juga: Terbatas, Toyota Kijang Innova Limited Edition Harga Rp 400 Jutaan

Selain karena usia, seal karet juga bisa saja rusak karena terjadi guncangan. Apabila sudah ganti namun masih rembes, ada kemungkinan pemasanagan yang salah atau kurang pas sehingga mengakibatkan rembes kembali.

Untuk pemakaian sering atau berat, Yunus mengatakan seal karet ini bisa bertahan sampai 14 ribu kilometer, kembali lagi tergantung dari pemakaiannya. Seal kruk as pada motor matik Honda biasanya berada di kisaran harga Rp 20 ribu samapai dengan Rp 30 ribuan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com