Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembangkan Xpander Hybrid, Mitsubishi Tambah Investasi di Indonesia

Kompas.com - 11/03/2021, 09:51 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, Mitsubishi Motors Corporation (MMC) siap mengelontorkan investasi tambahan sebesar Rp 11,2 triliun di Indonesia.

Kepastian investasi dari Mitsubishi dikantongi Kementerian Perindustrian (Kemenperin), usia melakukan pertemuan dengan pelaku industri otomotif dalam rangka kunjungan kerja di Tokyo, Jepang.

Adapun komitmen dari Mitsubishi menambah investasi dilakukan sebagai langkah ekspansi kapasitas produksi mobilnya di Tanah Air, termasuk dalam hal perluasan ekspor.

Baca juga: Marak Sindikat Pemalsuan BPKB dan STNK, Ingat Cara Cek yang Asli

Mitsubishi Xpander diekspor ke Filipina, Rabu (25/4/2018).FEBRI ARDANI/KOMPAS.com Mitsubishi Xpander diekspor ke Filipina, Rabu (25/4/2018).

"Mereka memberikan komitmen kepada kita bahwa pada akhir 2025 akan ada penambahan investasi sebesar Rp 11,2 triliun sehingga terjadi peningkatan kapasitas dari 220.000 menjadi 250.000 unit kendaraan," ujar Agus dalam keterangan resmi KBRI Tokyo, Rabu (10/3/2021).

Tak hanya itu saja, Agus menyatakan Mitsubishi nantinya akan mengembangkan dua model kendaraan elektrifikasi, yakni Xpander hybrid dalam bentuk Sport Utility Vehicle (SUV) dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

Kedua model tersebut akan diarahkan pengembangannya menjadi produk ekspor Indonesia. Mitsubishi juga memberikan izin kepada Agen Pemegang Merek (APM) di Indonesia, termasuk menambah sembilan negara ekspor sehingga total menjadi 39 negara tujuan.

"Mereka akan mengembangkan hybrid, memang itu pilihan bisnis mereka, tentunya kami kawal. Selain hybrid mereka juga akan melakukan investasi plug in hybrid," ucap Agus.

Baca juga: Ramaikan Elektrifikasi, Maung Pindad Siap Dikonversi Jadi Listrik

Bagian sasis, mesin, motor elektrik, baterai dari Mitsubishi Outalder PHEV.KOMPAS.com/Agung Kurniawan Bagian sasis, mesin, motor elektrik, baterai dari Mitsubishi Outalder PHEV.

"Khusus untuk jenis electric vehicle (EV), mereka masih melakukan studi terhadap model yang akan dikembangkan tetapi komitmen sudah ada," kada dia.

Setelah dengan Mitsubishi, rencananya Agus akan bertemu dengan beberapa industri otomotif Jepang lainnya. Mulai dari Honda, Daihatsu, Toyota, Mazda, dan Nissan. Tujuan utamanya guna mendorong industri terkait agar melakukan pengembangan kendaraan listrik dan memperluas pasar ekspornya dari Indonesia, termasuk ke Australia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com