Ada Diskon PPnBM, Penjualan Mitsubishi Meningkat Drastis

Kompas.com - 06/04/2021, 18:44 WIB
Mitsubishi Xpander Facelift 2020 dok.MMKSIMitsubishi Xpander Facelift 2020
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejak Maret 2021, pemerintah melalui Kementerian Perindustrian telah mengumumkan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah untuk mobil berkapasitas maksimal 1.500 cc.

Memasuki April 2021, Berdasarkan Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 839 Tahun 2021, syarat mobil baru yang mendapatkan relaksasi PPnBM yakni diproduksi di dalam negeri dengan komponen lokal turun jadi 60 persen, dari sebelumnya 70 persen.

Jumlah mobil yang masuk dalam daftar penerima relaksasi PPnBM pun bertambah dari sebelumnya 21 mobil, menjadi 29 mobil.

Baca juga: Kenyamanan Interior Hyundai Palisade, Serasa Naik MPV Premium

Test Drive Xpander Cross KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Test Drive Xpander Cross

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) jadi salah satu agen pemegang merek yang berhak mendapatkan relaksasi tersebut. Meski secara jumlah, hanya ada dua jenis mobil yang dapat pengurangan pajak, yakni Xpander dan Xpander Cross.

Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT MMKSI, mengatakan, pihaknya menyambut baik program diskon pajak yang diberikan pemerintah.

“Program ini tidak hanya mendukung industri, tapi juga mendukung konsumen dalam pembelian kendaraan,” ujar Nakamura, dalam konferensi virtual (6/4/2021).

Baca juga: Tantangan PO Tertua Di Indonesia, Mulai Krisis Moneter, Lawan Pesawat dan Pandemi

suasana ruang dealing di booth MitsubishiAzwar Ferdian/Kompas.com suasana ruang dealing di booth Mitsubishi

“Keputusan relaksasi PPnBM ini, merupakan keputusan yang sangat baik sekali dan sangat kami apresiasi, karena dapat meningkatkan penjualan secara signifikan,” tuturnya.

Nakamura juga mengatakan, bersama dengan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI), pihaknya akan berusama untuk memenuhi permintaan konsumen.

“Namun harus diingat dengan adanya kebijakan ini, demand dari konsumen lebih tinggi dari suplai yang sudah diproduksi oleh MMKI,” ucap Nakamura.

Baca juga: Seberapa Irit Konsumsi BBM Hyundai Palisade

Diler Mitsubishi ke 118 hadir di BantenMMKSI Diler Mitsubishi ke 118 hadir di Banten

“Sehingga kami merekomendasikan agar konsumen lebih baik langsung datang ke diler, supaya tidak inden lama dan tidak kehilangan kesempatan yang sangat menguntungkan ini,” kata dia.

Sementara itu, Irwan Kuncoro, Director of Sales and Marketing Division PT MMKSI, mengatakan, kebijakan relaksasi PPnBM amat berdampak positif bagi penjualan Mitsubishi.

Jika dibandingkan dengan penjualan pada saat pandemi, penjualan pada Maret 2021 telah meningkat hampir dua kali lipat.

Baca juga: Cek Harga Innova Bekas Setelah Berlaku Diskon PPnBM

Diler Mitsubishi Pondok Cabe, Tangerang Selatan Diler Mitsubishi Pondok Cabe, Tangerang Selatan

“Jadi kalau kita bicara angka penjualan dari Xpander dan Xpander Cross, kalau kita lihat satu tahun 2020 yang memang sangat terdampak pandemi, itu rata-rata penjualan per bulan sekitar 2.100-2.200 unit per bulan,” kata Irwan.

“Kemudian kalau kita lihat di bulan Maret setelah berlakunya 0 persen PPnBM, angkanya sebulan 4.500-an unit,” ujarnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X