Perhatikan, Begini Cara Parkir Mobil yang Benar

Kompas.com - 29/03/2021, 09:12 WIB
Ilustrasi penitipan dan parkir mobil di bandara. airportparkingreservations.comIlustrasi penitipan dan parkir mobil di bandara.

JAKARTA, KOMPAS.com - Parkir adalah aktivitas terakhir dalam berkendara. Bagi sebagian orang parkir merupakan kegiatan yang sepele.

Namun pada kenyataannya ada hal yang harus diperhatikan pada saat parkir agar kendaraan aman dan tidak mengganggu orang lain.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, mengatakan, parkir tidak boleh dilakukan sembarangan.

Ada langkah yang perlu diperhatikan matang-matang dari sisi keamanan agar dapat meminimalisir risiko dan bahaya.

Baca juga: Antisipasi Berkendara di Sekitar Kendaraan Besar

"Parkir itu adalah tindakan akhir yang dilakukan pada saat berkendara, stepnya adalah memilih area parkir ketika kendaraan berhenti, kemudian mesin dimatikan lalu ditinggal," ucap Sony kepada kompas.com, Kamis (25/03/2021).

Ilustrasi parkir mobil basementaceh.tribunnews.com Ilustrasi parkir mobil basement

Menurut Sony ada beberpa hal yang harus di perhatikan pada saat kita memarkirkan kendaraan. Hal tersebut dimaksudkan agar kendaraan benar-benar aman dan terhindar dari risiko bahaya.

Baca juga: Jadwal Tayang MotoGP 2021, Balapan Jam 12 Malam

Hal yang perlu diperhatikan pada saat parkir yaitu :

  1. Memilih area parkir berdasarkan safety zona. Pastikan ada sela luas parkir saat pintu pintu dibuka dan jauh dari resiko terbentur dengan kendaran lain. Pastikan ruangan untuk parkir juga pas dengan ukuran kendaraan kita.
  2. Parkirkan kendaraan dalam posisi mundur. Hal ini dimaksudkan agar mempermudah dalam melakukan evakuasi kendaraan saat terjadi hal yang tidak diinginkan.
  3. Saat mundur pastikanmelihat kaca spion sebagai patokan, gunakan juga fitur pendukung yang dimiliki kendaraan seperti kamera mundur dan sensor parkir.
  4. Hindari headcheck atau mengeluarkan kepala keluar kabin, headcheck dilakukan hanya pada saat memastikan mobil berhenti.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Qatar 2021, Bagnaia Start Pertama dan Rossi Keempat

  1. Sebelum meninggalkan kendaraan,pastikan semua instrumen yang ada di dalam kendaraan dalam keadaan mati. Seperti AC, Audio, dan lainnya untuk menjaga performa accu tetap prima saat mesin dihidupkan.
  2. Jangan tinggalkan barang berharga di dalam kabin, hal ini bertujuan untuk mengantisipasi jika ada kejahatan pada saat kita meninggalkan kendaraan.
  3. Apabila memungkinkan, pilih lokasi parkir yaang teduh atau berpenutup Hal ini dimaksudkan agar kendaraan lebih terlindung dan terawat.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X