Enggak Nurut Istri, Pria Ini Kena Tilang karena Ngebut di Jalan Tol

Kompas.com - 28/03/2021, 13:01 WIB
Pengemudi mobil ditilang karena melanggar batas kecepatan di tol Madiun instagram.com/roda2blogPengemudi mobil ditilang karena melanggar batas kecepatan di tol Madiun

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar rekaman memperlihatkan mobil yang dikenakan tilang karena melanggar batas kecepatan kendaraan di jalan tol tengah viral di media sosial. Tepatnya terjadi di jalan Tol Madiun.

Dalam video yang diunggah oleh akun instagram @roda2blog, terlihat seorang pengemudi yang sedang ditilang oleh petugas kepolisian karena memacu mobilnya melebihi batas kecepatan kendaraan yang sudah ditentukan.

Baca juga: Interior Toyota Sienta Welcab, Ramah Disabilitas

“Bapak kena tilang. Gara-gara jalan lebih dari 160 km per jam (kpj). Bapak dibilangi ngeyel. Itu ada tulisan 24 jam aktivitas tol dipantau CCTV, ada alat ukurnya. Eh, keluar gerbang tol langsung dicegat petugas,” ujar istri dari pria yang terkena tilang tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by roda2blog.com (@roda2blog)

Tidak sedikit pengendara yang menggunakan jalan tol masih belum paham mengenai batas kecepatan yang seusai dengan peraturan.

Batas kecepatan kendaraan di jalan raya sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2013 tentang Jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 23 ayat 4 dan diperkuat lagi dengan Peraturan Menteri Perhubungan tentang Tata Cara Penetapan Batas Kendaraan pasal 3 ayat 4.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kedua pasal tersebut memiliki bunyi yang sama.

Batas kecepatan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dan ayat (3) ditetapkan:

Sementara batas-batas kecepatan tersebut, lebih lengkap dijabarkan pada Peraturan Pemerintah nomor 79 tahun 2013.

Selanjutnya pasal 23 ayat empat (4), Bagian Kedua, mengenai Batas Kecepatan disebutkan, batas kecepatan sebagaimana dimaksud ditetapkan sebagai berikut.

Ilustrasi rambu batas kecepatan maksimal yang diperbolehkan.Sebastian Bozon / AFP Ilustrasi rambu batas kecepatan maksimal yang diperbolehkan.

a. Paling rendah 60kpj dalam kondisi arus bebas, dan paling tinggi 100kpj untuk jalan bebas hambatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.