Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Dilupakan, Ini Pentingnya Buku Manual Pemilik Mobil

Kompas.com - 28/03/2021, 10:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat membeli mobil baru, konsumen akan dibekali sejumlah panduan salah satunya ialah buku manual yang berisi berbagai informasi dasar mobil.

Tapi buku manual kerap diabaikan. Padahal buku manual berisi informasi penting utamanya fitur dan kelengkapan, terlebih jika mobil mengadopsi teknologi perangkat komputer.

Samsudin, Aftersales Support PT Astra International, mengatakan, fungsi buku manual cukup signifikan terhadap penjualan sebuah produk.

Baca juga: Lebih Enak Kursi Bus Bahan Fabric atau Kulit Sintetis?

Buku manual pemilik mobilFoto: Peugeot Buku manual pemilik mobil

"Buku manual dapat membantu konsumen non teknisi untuk menyelesaikan masalah tanpa bantuan ahli. Misalnya ketika mendapati masalah terkait produk, konsumen dapat membukanya terlebih dahulu, sebelum apakah harus memutuskan untuk pergi ke bengkel resmi,” katanya dalam rilis resmi, Sabtu (27/3/2021).

Samsudin mengatakan, buku manual bermanfaat untuk memberikan jawaban cepat kepada pemilik saat mengalami masalah atau ada pertanyaan tentang produk tertentu.

Lantas perlukah membaca manual book secara keseluruhan?

Kemungkinan tidak perlu. Samsudin mengatakan cukup melihat daftar isi. Setelah menemukan halaman yang tepat, kemudian membaca informasi yang dibutuhkan.

"Itu adalah cara kebanyakan orang membaca manual book," katanya.

Baca juga: Bahas Interior CR-V Facelift, Makin Segar meski Ada yang Kurang

Bengkel Peugeot Foto: Peugeot Bengkel Peugeot

Sebagian besar buku manual berisi panduan tertulis dan gambar terkait dalam bentuk ilustrasi sederhana. Bahasa yang digunakan pun disesuaikan dengan pembaca. 

“Isi manual book biasanya terdapat informasi terpenting dan detail seperti Informasi Garansi, Instruksi Keselamatan, Instruksi Instalasi, Identifikasi Masalah, Instruksi Pengaturan, Spesifikasi Umum Produk serta Instruksi Perawatan dan Pemecahan Masalah," katanya.

Seiring zaman buku manual juga berkembang tidak hanya berupa fisik tapi digital. Beberapa manual book untuk perangkat komputer berbentuk CD, atau aplikasi yang bisa diunduh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com