Ini Tips Mengemudi Dekat Angkot, Jangan Terlalu Nempel

Kompas.com - 26/03/2021, 18:41 WIB
Ilustrasi angkot KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELIIlustrasi angkot

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika mengemudi di jalan perkotaan, pasti sering bertemu dengan angkutan perkotaan (angkot). Kadang angkot melakukan manuver semaunya, entah mau mengambil atau menurunkan penumpang.

Bagi pengemudi mobil, ketika posisinya dekat dengan angkot, kadang menjadi hal yang menjengkelkan.

Bisa saja mereka melakukan manuver namun malah bersenggolan dengan mobil kita. Lalu bagaimana agar tetap aman berada di sekitar angkot?

Training Director The Real Driving Centre Marcell Kurniawan mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang kebiasaan pengemudi angkot.

Baca juga: Polisi Akan Tilang Mobil Pelat RFS dan Sejenisnya jika Langgar Aturan

Sebuah video yang merekam sopir angkot ketiduran hingga nabrak mobil SUV di Simpang Merbabu Thamrin Medaninstagram.com/otomtalk Sebuah video yang merekam sopir angkot ketiduran hingga nabrak mobil SUV di Simpang Merbabu Thamrin Medan

"Pertama harus waspada, mereka bisa bergerak dan berhenti dengan sembrono bila harus mengambil penumpang," ucap Marcell kepada Kompas.com, Jumat (26/3/2021).

Kedua, bagi para pengemudi yang bertemu dengan angkot di jalan, harus lebih bersabar dan lebih baik memberi jalan. Harus diingat, para pengemudi angkot ini orang-orang yang dikejar target setoran.

"Ketiga, lebih menerima kondisi dan situasi bila mengemudi bersebelahan dengan pengemudi angkot. Intinya jangan sampai terpancing emosi," kata Marcell.

Baca juga: PO Rosalia Indah, Awalnya Travel hingga Punya Banyak Bus Tingkat, Restoran dan SPBU

Kemudian, Training DIrector Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana juga mengatakan, tidak perlu protes soal perilaku pengemudi angkot, karena akan sia-sia.

“Kalau diklakson atau dimarahi juga percuma, dia akan fokus ke penumpang, bahkan pura-pura tidak tahu,” kata Sony kepada Kompas.com.

Sony menyarankan, bagi pengemudi yang dekat angkot, siap-siap mengerem. Selain itu beri jarak aman jika tidak mau kecelakaan. Perlu diingat, kemampuan mereka dalam memberi ganti rugi tidak banyak, alias ala kadarnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X