Setelah Mandalika, Bali Juga Mau Bangun Sirkuit Internasional

Kompas.com - 26/03/2021, 07:22 WIB
IMI akan bangun Bali Pecatu International Circuit Dok. IMIIMI akan bangun Bali Pecatu International Circuit

JAKARTA, KOMPAS.com - Sirkuit Mandalika, Lombok, belum selesai dibangun. Tapi, Indonesia sudah berencana untuk menambah satu lagi sirkuit berskala internasional.

Belum lama ini, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo meninjau lahan seluas delapan hektar di kawasan Pecatu yang akan dimanfaatkan IMI untuk membangun Sirkuit gokart bertaraf internasional, Bali Pecatu International Circuit.

Baca juga: Pengaspalan Sirkuit Mandalika Ditarget Rampung Mei 2021

Lokasinya sangat strategis, sekitar 15 km dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali. Selain itu, di sekitar sirkuit tersebut sudah ada prasarana pendukung, seperti hotel bintang 1 sampai 6, hingga kawasan kuliner, dan pendukung lainnya.

IMI akan bangun Bali Pecatu International CircuitDok. IMI IMI akan bangun Bali Pecatu International Circuit

"Dari berbagai destinasi wisata favorit yang sudah dimiliki Bali, belum ada destinasi wisata otomotif (sport automotive tourism) yang representatif. Karenanya, pembangunan Bali Pecatu International Circuit sangat diperlukan," ujar pria yang akrab disapa Bamsoet, dalam keterangan resminya, Kamis (25/3/2021).

Bamsoet menambahkan, di sirkuit tersebut akan dipergunakan untuk Gokart World Championship, drag bike, Mini Moto GP, balap motor underbone dan lain-lain.

Baca juga: Dorna Sport Inspeksi Akhir Maret, Cek Kesiapan Sirkuit Mandalika

Selain untuk mengembangkan bibit pembalap muda, menurut Bamsoet, kehadiran Bali Pecatu International Circuit juga untuk lebih menasbihkan Bali sebagai One Stop Tourist Destination.

Sehingga, turis yang datang ke Bali bisa menikmati banyak dimensi wisata, mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata kuliner, hingga wisata olahraga.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X