Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singkap Mobil Listrik Toyota dengan Subaru, Suzuki, dan Daihatsu

Kompas.com - 24/03/2021, 09:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ramainya produsen otomotif yang meluncurkan mobil listrik berbasis baterai (Battery Electric Vehicle/BEV), lambat laun membuat Toyota gentar. Seperti tak ingin ketinggalan momentum, Toyota langsung membuat peta jalan perusahaan dalam pengembangan mobil listrik ke depannya.

Kita tahu, produsen asal Jepang awalnya lebih tertarik dalam pengembangan mobil listrik dengan basis hybrid, hidrogen, maupun fuel cell. Tapi, merek otomotif terbesar di dunia Toyota, kini mulai all-out.

Langkah perdana di mulai Mei 2020, ketika Toyota meluncurkan mobil listrik berbasis baterai, C-HR EV untuk pasar China menggandeng mitra lokal. Kemudian Desember 2020, mobil mungil C+Pod turut meluncur di Jepang.

Baca juga: Avanza Anda Kena Recall, Begini Cara Mengetahuinya

Toyota C+pod meluncur pada 25 Desember 2020.DOK. TOYOTA Toyota C+pod meluncur pada 25 Desember 2020.

Ke depan Toyota bakal tancap gas meluncurkan model ketiga dari mobil listrik berbasis baterai. Terutama lewat skema kerja sama dengan produsen otomotif lainnya.

Kabar terbaru dari Toyota Eropa, disebutkan bahwa sebuah SUV listrik BEV berukuran sedang dipastikan meluncur di ajang Shanghai Motor Show 2021 (21-28 April).

SUV ini akan dibangun di atas platform e-TNGA terbaru, yang serbaguna dan mudah beradaptasi untuk berbagai jenis produk.

Baca juga: Pakai Stiker RFID, Bayar Tol Bisa Tanpa Setop dengan Kecepatan 60 Kpj

Calon mobil listrik baru ToyotaMOTOR1.com Calon mobil listrik baru Toyota

Sasis e-TNGA diklaim bakal sesuai dengan berbagai kapasitas baterai dan motor listrik, berbagai jenis kendaraan dan profil penggunaan, hingga dapat dipakai oleh mobil penggerak depan, belakang, atau empat roda.

Pengumuman ini jelas mengingatkan kita dengan rilis kerja sama Toyota dan Subaru pada pertengahan 2019. Di mana kedua pabrikan berkomitmen akan mengembangkan BEV, khususnya di segmen SUV-C, yang notabene cukup diminati di Indonesia.

Kehadiran Toyota 86 dan Subaru BRZ pada 2012 misalnya, jadi bukti nyata bahwa calon SUV baru itu kemungkinan besar bakal dipasarkan di Tanah Air.

Baca juga: Polisi Gencar Razia, IKM Knalpot Ikut Kena Imbas

Calon mobil listrik baru ToyotaMOTOR1.com Calon mobil listrik baru Toyota

Apalagi Subaru belakangan juga mengumumkan bakal kembali berjualan di Indonesia, setelah vakum karena tersandung masalah pemalsuan dokumen impor.

“Benar akan comeback. Tunggu saja karena rencananya launching pada kuartal IV/2021,” ucap Arie Christopher Setiadharma, Chief Operations Officer PT Plaza Auto Mega, kepada Kompas.com (17/3/2021).

Lewat kolaborasi ini, kedua pabrikan akan menerapkan teknologi all-wheel drive Subaru dan teknologi elektrifikasi Toyota. Kedua mobil juga diprediksi akan dijual bersamaan dengan nama yang berbeda.

Baca juga: Pengaruh Mesin Mobil Bila Diisi Pertalite Bukan Pertamax

Ilustrasi Subaru Crosstrek PHEVsubaru.com Ilustrasi Subaru Crosstrek PHEV

Subaru sendiri telah memulai penjualan Crosstrek Hybrid di Amerika Serikat, dengan menerapkan teknologi plug-in hybrid electric vehicle (PHEV) dari Toyota.

Suzuki dan Daihatsu

Tak berhenti di situ, dalam rilis Toyota Global medio Juni 2019, disebutkan bahwa rencana kolaborasi Toyota untuk melahirkan BEV masih akan berlanjut bersama Suzuki dan Daihatsu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com