Kompas.com - 22/03/2021, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comBus memang kerap menjadi alat transportasi darat pilihan, baik untuk pergi keluar kota maupun keperluan pariwisata. Ketika masuk ke kabin penumpang bus, di bagian tengah langit-langit kabin, biasa terlihat seperti jaring besar membentang.

Ketika duduk ataupun berjalan ke bagian belakang, terdengar suara angin yang cukup keras dari bagian jaring ini. Lalu, sebenarnya apa fungsi dari komponen yang cukup besar ini?

Export Manager karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, komponen yang bentuknya seperti jaring ini merupakan bagian dari AC bus, yaitu inlet.

Baca juga: Daftar Skutik Bekas Rp 5 Jutaan, Bisa Dapat Mio sampai Vario

Kabin bus AKAP PO Sumber AlamKaroseri Laksana Kabin bus AKAP PO Sumber Alam

“Fungsinya sebagai sirkulasi udara di kabin bus, untuk sirkulasi,” ucap Werry kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Bagian inlet AC merupakan bagian di mana tersedotnya udara di kabin yang nantinya masuk ke kondensor yang ada di atap bus. Oleh karena itu, posisi inlet ini juga menyesuaikan dari kondensor AC yang ada di atap bus.

Selain itu, baru-baru ini juga Laksana membuat Bio Safe & Smart Bus. Uniknya, pada bus baru ini posisi inlet yang biasanya ada di langit-langit dipindah ke bagian bawah layaknya sirkulasi udara di pesawat.

Baca juga: Panaskan Mobil Jangan Cuma Diam dan Ditinggal, Bawa Jalan-jalan

Dengan begitu, sirkulasi udara di kabin tidak mengalami turbulensi yang akhirnya mengurangi penyebaran Covid-19 di kabin bus. Selain itu, juga dipasang sebuah alat yang menyaring bakteri dan virus di bagian tengah kabin.

Selain untuk bus dengan dek tunggal, posisi inlet AC di bus tingkat sedikit berbeda. Hal ini karena mengikuti penempatan kondensor AC bus tingkat yang biasanya ada di atas mesin bus, yakni di bagian belakang.

“Kalau di double decker, inlet-nya di bagian belakang kabin, ada juga di dek bawah dan atas,” kata Werry.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.