Satlantas Polres Wonogiri Gunakan Helm Berkamera dalam Penerapan ETLE

Kompas.com - 22/03/2021, 10:12 WIB

SOLO, KOMPAS.com - Satlantas Polres Wonogiri akan memperluas penerapan electronic traffic law enforcement (ETLE) atau biasa disebut tilang elektronik.

Daerah yang jadi titik rawan kecelakaan akan sering dijadikan area patroli oleh petugas lapangan. Polantas yang berpatroli pun kini telah dilengkapi dengan helm berkamera.

"Sudah dua pekan kita terapkan di Wonogiri. Ada lima kamera yang dipasang di helm petugas. Namanya kamera portabel penindakan pelanggaran kendaraan bermotor (Kopek)," kata Kasat Lantas Polres Wonogiri AKP Indra Hartono melalui KBO Satlantas Polres Wonogiri, Iptu Darmin, dilansir dari NTMCPolri pada Minggu (21/3/2021).

"Saat anggota berpatroli kamera itu aktif dan juga bisa merekam pelanggaran yang dilakukan pengendara. Misal tidak pakai helm atau melanggar rambu-rambu," kata ia lebih lanjut.

Baca juga: Kena Tilang Elektronik di Solo, Begini Cara Mengurusnya

Ilustrasi kamera tilang elektronik atau ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement).TRIBUNNEWS.com/JEPRIMA Ilustrasi kamera tilang elektronik atau ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement).

Kamera akan merekam wajah pengendara yang melanggar dan nomor polisi kendaraan pelanggar. Selanjutnya pelanggar akan diminta menepi untuk diberi teguran. Penindakan pelanggaran akan diproses melalui ETLE.

Nantinya surat pemberitahuan akan dikirim melalui pos ke alamat pengendara berdasarkan data nomor polisi kendaraannya.

Sistem ETLE akan terkoneksi secara nasional. Ini berarti nomor kendaraan yang berasal dari luar daerah sudah tidak menjadi masalah.

Iptu Darmin menambahkan bahwa meski Kopek sudah digunakan sejak dua pekan lalu, hingga sekarang masih dalam tahap sosialisasi. Launching Kopek akan dilakukan bebarengan dengan peresmian ETLE serentak pada 23 Maret mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber NTMC Polri


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.