Salah Kaprah soal Pemilihan Ban Truk, Jangan Justru Malah Rugi

Kompas.com - 22/03/2021, 10:42 WIB
Spesifikasi ban bus gitifleet.co.idSpesifikasi ban bus

JAKARTA, KOMPAS.comBan merupakan komponen vital yang termasuk dalam perhitungan biaya operasional kendaraan niaga. Ban yang awet tentunya bisa menghemat biaya operasional kendaraan.

Pengusaha truk sendiri kerap meningkatkan ukuran bannya agar bisa mengangkut beban yang lebih berat. Namun ada beberapa anggapan yang salah ketika memilih ban dengan ukuran yang lebih besar.

Tire & Rim Consultant dan Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Tengah dan DI Yogyakarta Bambang Widjanarko mengatakan, anggapan sebuah ban memiliki ply rating yang lebih tinggi lebih kuat dibanding dengan ply rating lebih rendah itu salah.

Baca juga: Selama Pandemi Banyak Orang Jual Mobil, Innova Paling Dicari

tapak ban busOmbro tapak ban bus

“Anggapan tadi tidak benar, karena kekuatan daya muat sebuah ban tidak semata-mata hanya tergantung pada jumlah ply rating-nya saja,” ucap Bambang kepada Kompas.com, Minggu (21/3/2021).

Bambang menjelaskan, masih ada komponen lain yang menentukan kuat dan lemahnya sebuah ban. Misalnya kualitas compound, bahan kimia pendukungnya, bahkan kualitas dan teknologi dari kawat baja yang menjadi konstruksi ban.

“Misalnya ada dua ban dengan ukuran yang sama, satu ban memiliki 18 ply rating dan satu lagi 16 ply rating. Tidak lantas secara otomatis ban dengan 18 ply rating lebih unggul daya muatnya dibanding 16 ply rating,” kata Bambang.

Baca juga: Bocor, Ini Tampang Hyundai Staria MPV Mewah Pesaing Alphard

Begitu pula ada salah kaprah soal model telapak ban yang digunakan. Ada anggapan ban dengan pola telapak halus lebih cocok untuk ban setir sedangkan yang berpenampilan kasar lebih cocok digunakan untuk menopang beban lebih berat dan dipasang di bagian belakang, ini jelas keliru.

“Daya muat sebuah ban hanya tergantung pada angka yang tertera pada load index-nya saja. Bukan pada tampilan telapak maupun tulisan yang lain,” ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X