Motor Pakai Knalpot Bising Ditahan, Bagaimana dengan Moge?

Kompas.com - 19/03/2021, 13:41 WIB
Ilustrasi komunitas moge saat melakukan touring. Foto: B’Brothers Indonesia Ilustrasi komunitas moge saat melakukan touring.

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pengguna sepeda motor dengan kapasitas mesin 250 cc ke bawah, menggunakan knalpot racing atau aftermarket untuk mendongkrak performa. Sayangnya, tak jarang suara yang dihasilkan bising.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Metro Depok Andi Indra Waspada, mengatakan, pihaknya akan melakukan penangkapan pada para pengguna knalpot yang bising.

Baca juga: Polisi Akan Gandeng Dishub buat Razia Knalpot Bising di Depok

"Karena itu menimbulkan keresahan pada masyarakat, khususnya pengguna jalan. Ketika kita temui pengguna sepeda motor dengan knalpot yang tidak standar dan bising, maka kita lakukan penindakan berupa tilang," ujar Indra, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (18/3/2021).

Knalpot bisingFoto: Twitter @TMCPoldaMetro Knalpot bising

Indra menjelaskan, knalpot yang dianggap standar itu adalah yang dikeluarkan dari pabrikan. Menurutnya, dari pabrikan itu sendiri berarti ada spesifikasi, tidak menimbulkan kebisingan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tak sedikit yang mempertanyakan, bagaimana dengan motor berkubikasi besar alias motor gede (moge)? Pasalnya, suara yang dihasilkan motor ini juga cukup besar dari pabrikannya.

Baca juga: Razia Knalpot Bising di Depok, Kenapa Motor Harus Ditahan?

"Motor besar, seperti Harley-Davidson, dari pabrikan memang sudah seperti itu. Dia tidak mengubah standarisasi kendaraan itu," kata Indra.

Menurut Indra, jika tidak mengubah standarisasi kendaraan, maka tidak masalah. Dia mengatakan, yang jadi masalah itu yang mengganti knalpotnya dan menimbulkan suara yang bising.

Razia knalpot bising Foto: Twitter TMC Polda Metro Jaya Razia knalpot bising

Saat motor-motor berkapasitas besar dipasarkan di Indonesia, pasti akan melalui proses homologasi. Jadi, sudah sesuai dengan aturan yang ditetapkan pemerintah.

Berdasarkan pernyataan Indra, jika moge tersebut juga menggunakan knalpot yang tidak standar dan menghasilkan suara bising, maka akan dikenakan tilang juga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.