Bamsoet Berharap IIMS Bisa Dongkrak Industri Otomotif Nasional

Kompas.com - 19/03/2021, 09:02 WIB
Indonesia International Motor Show (IIMS) Indonesia International Motor Show (IIMS)Indonesia International Motor Show (IIMS)

JAKARTA, KOMPAS.com - Bergulirnya Indonesia International Motor Show (IIMS) Virtual Phase 2, tak sedikit yang berharap kondisi perekonomian, khususnya industri otomotif, bangkit kembali.

Salah satunya adalah Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, yang secara resmi membuka pameran otomotif IIMS Virtual Phase 2, Kamis (18/3/2021).

Baca juga: Energica dan Italjet Hadir April 2021 di IIMS Hybrid

Dalam sambutannya, pria yang akrab disapa Bamsoet ini mengatakan, dampak ekonomi Covid-19 telah menggerus seluruh kehidupan, termasuk kehidupan perekonomian dan berbagai sektor lainnya termasuk industri otomotif.

IIMS Virtual 2021 x ShopeeKompas.com/Donny IIMS Virtual 2021 x Shopee

"Sebagai gambaran, data wholesale penjualan mobil baru selama 2020 hanya tercatat sebanyak 532.027 unit atau turun sebesar 48,3 persen dari capaian tahun 2019 yang mencatat angka penjualan sebanyak 1.030.126 unit," ujar Bamsoet.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia menambahkan, penurunan angka penjualan ini juga dialami pada industri sepeda motor. Berdasarkan catatan Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), pada periode Januari-Desember 2020, sepeda motor yang terjual hanya tercatat sebanyak 3.660.616 unit atau mengalami penurunan sebesar 43,57 persen dari penjualan tahun 2019 sebanyak 6.487.460 unit.

Baca juga: Banyak Peminat, Pajero Sport Rockford Fosgate Ada Lagi di IIMS Virtual

"Penurunan angka penjualan kendaraan bermotor tentunya juga berdampak pada berbagai aspek dan seluruh ekosistem yang menopang industri otomotif tersebut. Mulai dari bahan baku dan suku cadang kendaraan, aksesori, komponen yang disediakan oleh industri kecil dan menengah, hingga lembaga pembiayaan atau leasing," kata Bamsoet.

Bamsoet mengatakan, khusus penjualan suku cadang, pada tahun 2020 juga mengalami penurunan hingga 23 persen. Dengan menjalankan program vaksinasi yang dijalankan secara bertahap dan peningkatan kesadaran dan komitmen masyarakat untuk berdisiplin dalam penerapan protokol kesehatan, diharapkan pertumbuhan perekonomian nasional akan pulih kembali.

IIMS Virtual 2021 x ShopeeKompas.com/Donny IIMS Virtual 2021 x Shopee

Menurutnya, dengan pemulihan kondisi perekonomian tersebut, akan menberikan dampak positif bagi berbagai sektor. Termasuk sektor industri otomotif yang diprediksi akan semakin menggeliat pada kuartal kedua 2021.

"Saya mengapresiasi terobosan yang dilakukan pada penyelenggaraan pameran IIMS fase kedua tahun ini yang dilaksanakan secara virtual, sebagai kelanjutan dan penyempurnaan dari IIMS Virtual Fase 1," ujar Bamsoet.

"Saya berharap penyelenggaraan IIMS 2021 ini menjadi momentum kebangkitan industri otomotif nasional. Sekiranya berbagai kebijakan stimulus yang diberikan pemerintah dapat dimanfaatkan secara optimal. Sehingga, industri otomotif dapat berkontribusi secara penuh dalam upaya pemulihan perekonomian nasional," katanya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.