Apakah Aman Pakai Ban Balap untuk Motor Harian

Kompas.com - 16/03/2021, 11:22 WIB
Ban motor khusus balap MiniGP buatan lokal Ban motor khusus balap MiniGP buatan lokal

JAKARTA, KOMPAS.com – Modifikasi pada sepeda motor yang paling mudah dilakukan yaitu dengan mengganti ban. Ketika mengganti ban dengan model yang lebih keren, misalnya pilihan dengan spesifikasi balap, alasannya karena punya tampilan motor makin sporty.

Selain itu beberapa merek ban sudah membuat produk ban khusus untuk motor balap. Lalu bagaimana jika ban balap tersebut dipasang ke motor harian?

On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal mengatakan, selama ban balap yang digunakan merupakan street legal, maka akan baik-baik saja jika digunakan untuk harian.

Baca juga: Harga Xpander Bekas Setelah Ada Diskon PPnBM untuk Mobil Baru

Yamaha Mio Z bermesin sama dengan Mio M3, tapi punya ukuran ban lebih besar untuk kestabilan.Istimewa Yamaha Mio Z bermesin sama dengan Mio M3, tapi punya ukuran ban lebih besar untuk kestabilan.

“Kalau yang street legal enggak masalah, grip lebih bagus dibanding ban biasa, handling dan stability-nya juga. Hanya saja keausan bannya lebih cepat karena memakai compound yang high grip,” ucap Zulpata kepada Kompas.com, Senin (15/3/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Artinya, akan ada sisi kekurangan bagi pengguna motor, yaitu ban lebih cepat aus, sehingga waktu penggantian relatif lebih cepat ketimbang ban biasa.

Begitu juga yang dikatakan Technical Service & Development Department Head ban FDR Jimmy Handoyo. Ban balap memakai soft compound sehingga lebih bagus performanya dibanding ban biasa.

Baca juga: Harga LMPV Bekas Setelah Diskon PPnBM, Avanza Mulai Rp 120 Jutaan, Confero Rp 90 Jutaan

Grip-nya lebih baik sehingga enak dipakai. Namun selain lifetime yang lebih singkat, harganya juga lebih mahal dibanding ban regular,” ucap Jimmy kepada Kompas.com.

Kemudian ketika dipakai di jalanan basah atau hujan, grip ban balap memang tidak sebagus saat kering. Namun apabila memakai ban balap untuk kondisi basah, cukup baik grip-nya.

Ban balap saat hujan masih aman, namun dijaga saja kecepatannya,” kata Jimmy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.