Harga LMPV Bekas Setelah Diskon PPnBM, Avanza Mulai Rp 120 Jutaan, Confero Rp 90 Jutaan

Kompas.com - 15/03/2021, 13:41 WIB
Mobil bekas di WTC Mangga Dua KOMPAS.com/Aprida Mega NandaMobil bekas di WTC Mangga Dua
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Penjualan mobil di segmen Low MPV belakangan mulai tergantikan oleh city car. Hal ini terlihat dari wholesales Gaikindo pada tahun lalu, di mana penjualan Honda Brio bisa mengalahkan Toyota Avanza.

Namun bukan berarti pembeli mobil Low MPV sepi peminat. Segmen MPV murah tetap menghasilkan penjualan signifikan, tak terkecuali di pasar mobil bekas.

Apalagi setelah pemerintah mengeluarkan kebijakan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil baru.

Baca juga: Mobil Mewah Kaisar Jepang Toyota Century, Keliaran di Jalanan Jakarta

Tes drive Mitsubishi Xpander Tes drive Mitsubishi Xpander

Joni Gunawan, pebisnis mobil bekas di WTC Mangga Dua, mengatakan, pasar mobil bekas ikut menyesuaikan harga jual terkait insentif yang diberikan pemerintah.

Sehingga jika harga mobil baru turun, maka harga mobil bekas juga ikut lebih murah. Namun hal ini terjadi pada mobil bekas usia muda, yang memiliki spesifikasi mirip dengan mobil keluaran baru.

“Untuk Avanza dan Xenia pengurangan tidak terlalu banyak, berkisar Rp 5 jutaan,” ucap Joni, kepada Kompas.com (14/3/2021).

Baca juga: Polisi Razia Knalpot Bising Lagi, Ada yang Berisik Langsung Diembat

Suzuki Ertiga facelift.Febri Ardani/KompasOtomotif Suzuki Ertiga facelift.

Sementara itu, Presiden Direktur Mobil88 Halomoan Fischer, mengatakan, Low MPV masih menjadi segmen yang digemari konsumen.

“Low MPV bisa dibilang jadi segmen yang penjualannya selalu bagus sepanjang tahun,” ujar Fischer, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

“Biasanya konsumen juga butuh kendaraan yang bisa menampung tujuh orang atau minimal bisa membawa barang bawaan dengan leluasa,” katanya.

Baca juga: Daftar Mobil Hatchback Idaman Perempuan

Daihatsu Xenia Facelift resmi meluncur Daihatsu Xenia Facelift resmi meluncur

Dari situs jual beli online, saat ini harga MPV murah masih sama seperti awal tahun 2021. Penurunan hanya terjadi pada model-model keluaran 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X