Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Agar Tidak Kena Tipu, Begini Cara Membedakan Pelek Asli dan Palsu

Untuk saat ini, berbagai jenis dan model pelek mobil banyak dijual di pasaran, mulai kualitas Original Equipment Manufacturer (OEM), asli impor, sampai yang replika juga ada.

Untuk itu sebagai konsumen harus paham bagaimana membedakan pelek mobil yang asli dengan tiruannya. Terkadang pelek replika menipu dengan bentuknya cukup bagus dan menarik, namun pembeli sendiri tidak tahu bagaimana kualitas dari barang tersebut.

"Sebenarnya pelek asli atau palsu itu kalau sekilas memang hampir mirip. Tapi kalau dilihat lebih detail lagi akan kelihatan bedanya," kata Triyanto.

Penjual pelek itu mengatakan ada beberapa tips khusus yang dapat digunakan sebagai acuan dalam membedakan keaslian pelek.

Kemudian keterangan mengenai pelek akan dicantumkan di bagian belakang. Asal pembuatan dari mana, ukuran lebar pelek dan diameter akan dituliskan.

Lihat juga detail dari cat dan juga emblemnya, pelek yang asli akan memiliki detail cat yang memiliki finishing bagus dan rapi.

Ditinjau dari harganya tentu saja pelek replika akan dijual lebih murah. Maka dari itu penting untuk melihat banderol pelek di situs resminya, karena di jaman modern seperti sekarang ini sudah banyak produsen yang memiliki web tersendiri.

Terakhir dilihat dari segi bobot peleknya. Biasanya yang asli akan memiliki berat yang lebih ringan jika dibandingkan dengan yang replika meskipun bentuknya sama.

Hal ini terjadi karena campuran material yang digunakan tidak sama. Pelek replika mengutamakan bentuk sedangkan yang asli memlertahankan bentuk dan kualitas.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/16/101200215/agar-tidak-kena-tipu-begini-cara-membedakan-pelek-asli-dan-palsu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke