GrabWheels Masuk Solo, Ingat Sikap Pengendara Motor Saat Berjumpa

Kompas.com - 15/03/2021, 11:12 WIB
GrabWheells Solo Arif NugrahadiGrabWheells Solo

SOLO, KOMPAS.com - Layanan otoped listrik GrabWheels kini sudah hadir di Solo, Jawa Tengah, sejak awal Maret 2021.

Layanan penyewaan otoped ini bisa dikendarai pada jalur yang sudah ditentukan. Pada lokasi ini,  jalur yang bisa digunakan untuk mengendarai GrabWheels relatif terbatas, meskipun tidak menutup kemungkinan akan berpapasan dengan kendaraan lain, salah satunya sepeda motor.

Baca juga: Polisi Tindak Pengendara Porsche yang Ugal-ugalan Sambil Dikawal Dishub

"Jadi untuk rutenya sendiri itu bisa digunakan hanya di citywalk dari utara Grand Mall sampai Sami Luwes, hanya di citywalk-nya saja," jelas Abdul Wahid Anwar selaku pengelola GrabWheels shelter utara Grand Mall, Minggu (14/03/2021).

GrabWheels SoloArif Nugrahadi GrabWheels Solo

Terdapat fasilitas dua shelter GrabWheels di utara Solo Grand Mall dan Sami Luwes, dengan jumlah otoped yang tersedia 20 unit. Pengunjung bisa menikmati layanan ini setiap hari mulai dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Indonesia Siap Terapkan Bayar Tol Tanpa Sentuh Cukup Pakai Smartphone

Bagi yang hendak menyewa otoped ini, wajib memenuhi syarat khusus yang sudah ditetapkan.

"Kalau syarat untuk menaiki ini wajib memakai masker dan helm, untuk helm sudah kita sediakan. Trus satu unit hanya boleh satu pengguna, lalu usianya harus di atas 21 tahun, dan hanya bisa digunakan pada jalur khusus," jelas Anwar.

GrabWheells SoloArif Nugrahadi GrabWheells Solo
Baca juga: Tips Membeli Motor Antik secara Online

Lantas bagaimana seharusnya sikap pengendara motor ketika bertemu atau berpapasan dengan pengguna skuter listrik ini?

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, pengendara kendaraan bermotor yng berpapasan juga harus berhati-hati dan sama-sama memiliki toleransi dalam berkendara di jalan raya, karena dalam penggunaannya juga di ruang publik yang melibatkan banyak orang.

Baca juga: Honda CB Gelatik, Motor Klasik yang Masih Dicari

"Bagi pengguna kendaraan bermotor juga harus hati-hati, karena otoped itu kan tidak memiliki kaca spion jadi juga harus waspada, terus berkendaranya juga jarang tengok kanan kiri," ujar Sani saat berbicara melalui sambungan telepon, Minggu (14/03/2021).

GrabWheels SoloArif Nugrahadi GrabWheels Solo

Sani menambahkan yang sebenarnya paling diperhatikan adalah lingkungan berkendara di sekitar kita. Artinya, siapapun yang berkendara baik pengguna otoped ataupun pengendara sepeda motor harus saling jaga keselamatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.