Angin Kencang Bercampur Pasir Ganggu Sesi Tes Terakhir di Qatar

Kompas.com - 13/03/2021, 07:42 WIB
Hari terakhir sesi tes Qatar diwarnai angin kencang yang disertai pasir Dok. Speedweek.comHari terakhir sesi tes Qatar diwarnai angin kencang yang disertai pasir

JAKARTA, KOMPAS.com - Balapan di Sirkuit Losail, Qatar, selalu memberikan tantangan tersendiri. Di hari terakhir sesi tes, angin kencang bercampur pasir menyulitkan para pebalap.

Bahkan, saat kejadian tersebut, hanya Pol Espargaro dan Danilo Petrucci yang melakukan beberapa lap saja. Pebalap lainnya memutuskan untuk tetap berada di paddock.

Baca juga: Kata Rossi Usai Pakai Motor Baru di Sesi Tes Qatar

"Sangat berangin dan sangat panas, temperatur meningkat hingga 7 derajat lebih panas dari hari sebelumnya. Sekarang 38 derajat Celcius, itu sangat panas," ujar Francesco Bagnaia, dikutip dari Speedweek.com, Jumat (12/3/2021).

Pol Espargaro saat sesi tes pertama di QatarDok. Boxrepsol Pol Espargaro saat sesi tes pertama di Qatar

Masalah utamanya bukan angin kencang. Tapi, pasir yang dibawa angin tersebut bertebaran di sirkuit dan membuat permukaannya menjadi kotor dan sangat licin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejam setelah angin kencang bertiup, Michele Pirro mencoba turun ke sirkuit. Tapi, langsung kembali lagi ke paddock. Takuya Tsuda, test rider Suzuki, dan Petrucci juga mencoba kembali lagi ke sirkuit.

Catatan waktu Petrucci hanya 2 menit 1,308 detik. Sebagai pembanding dengan kondisi trek normal, catatan waktu Jack Miller tembus 1 menit 53,183 detik.

Baca juga: Senyum Puas Aleix Espargaro di Aprilia RS-GP pada Sesi Tes Qatar

Setelah 3 jam 40 menit sejak angin kencang berhembus, Pol Espargaro akhirnya turun ke sirkuit. Catatan waktunya juga hanya 2 menit 1, 303 detik.

"Tidak ada berita hari ini. Tidak ada yang berkendara, jadi sirkuit juga tidak akan bersih," kata Enea Bastianini.

Tak lama kemudian, red flag dikibarkan karena para marshal ditugaskan untuk membersihkan sirkuit. Meski demikian, tetap tidak ada pebalap yang menguji performa motornya kembali.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X