Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Angin Kencang Bercampur Pasir Ganggu Sesi Tes Terakhir di Qatar

JAKARTA, KOMPAS.com - Balapan di Sirkuit Losail, Qatar, selalu memberikan tantangan tersendiri. Di hari terakhir sesi tes, angin kencang bercampur pasir menyulitkan para pebalap.

Bahkan, saat kejadian tersebut, hanya Pol Espargaro dan Danilo Petrucci yang melakukan beberapa lap saja. Pebalap lainnya memutuskan untuk tetap berada di paddock.

"Sangat berangin dan sangat panas, temperatur meningkat hingga 7 derajat lebih panas dari hari sebelumnya. Sekarang 38 derajat Celcius, itu sangat panas," ujar Francesco Bagnaia, dikutip dari Speedweek.com, Jumat (12/3/2021).

Masalah utamanya bukan angin kencang. Tapi, pasir yang dibawa angin tersebut bertebaran di sirkuit dan membuat permukaannya menjadi kotor dan sangat licin.

Sejam setelah angin kencang bertiup, Michele Pirro mencoba turun ke sirkuit. Tapi, langsung kembali lagi ke paddock. Takuya Tsuda, test rider Suzuki, dan Petrucci juga mencoba kembali lagi ke sirkuit.

Catatan waktu Petrucci hanya 2 menit 1,308 detik. Sebagai pembanding dengan kondisi trek normal, catatan waktu Jack Miller tembus 1 menit 53,183 detik.

Setelah 3 jam 40 menit sejak angin kencang berhembus, Pol Espargaro akhirnya turun ke sirkuit. Catatan waktunya juga hanya 2 menit 1, 303 detik.

"Tidak ada berita hari ini. Tidak ada yang berkendara, jadi sirkuit juga tidak akan bersih," kata Enea Bastianini.

Tak lama kemudian, red flag dikibarkan karena para marshal ditugaskan untuk membersihkan sirkuit. Meski demikian, tetap tidak ada pebalap yang menguji performa motornya kembali.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/13/074200015/angin-kencang-bercampur-pasir-ganggu-sesi-tes-terakhir-di-qatar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke