Tarif Bus AKAP Kelas Bisnis dan VIP Jurusan Solo-Jakarta

Kompas.com - 08/03/2021, 14:42 WIB
Sejumlah warga membawa barang bawaan menuju bis antar provinsi untuk mudik lebih awal di Terminal Bus Pakupatan, Serang, Banten, Kamis (23/4/2020). Meski pemerintah melarang mudik lebaran tahun 2020, sejumlah warga tetap pulang ke kampung halamannya sebelum puasa dengan alasan sudah tidak ada pekerjaan meski nantinya harus menjalani isolasi mandiri. ANTARA FOTO/ASEP FATHULRAHMANSejumlah warga membawa barang bawaan menuju bis antar provinsi untuk mudik lebih awal di Terminal Bus Pakupatan, Serang, Banten, Kamis (23/4/2020). Meski pemerintah melarang mudik lebaran tahun 2020, sejumlah warga tetap pulang ke kampung halamannya sebelum puasa dengan alasan sudah tidak ada pekerjaan meski nantinya harus menjalani isolasi mandiri.

JAKARTA, KOMPAS.com – Transportasi umum seperti bus masih menjadi pilihan untuk sejumlah masyarakat. Alasanya beragam, mulai praktis, harga terjangkau, sampai bisa berangkat kapan saja.

Apalagi sekarang ini naik bus sudah bisa memilih akan menggunakan fasilitas biasa, bisnis sampai VIP.

 

Baca juga: Alternatif ke Bandung, Tol Japek II Selatan Ditargetkan Rampung 2022

Untuk kelas Ekonomi biasanya tiket dibeli langsung pada kondektur bus dan dapat diberhentikan di mana saja di tengah perjalanan dengan konfigurasi tempat duduk 3-2. Biasanya kelas Ekonomi tiket tidak dijual di Terminal Tirtonadi Solo.

beberapa bus terparkir di terminal Tirtonadi SoloArif Nugrahadi beberapa bus terparkir di terminal Tirtonadi Solo

“Ekonomi sudah jarang, kebanyakan sekarang bisnis Eksekutif jadi sudah pakai AC,” ujar Iwan salah satu penjual tiket di Terminal Tirtonadi Solo, Minggu (07/03/2021).

Baca juga: Dapat Surat Tilang Elektronik Tapi Tak Melanggar, Ini yang Harus Dilakukan

Pada dasarnya kelas Bisnis dan VIP hampir sama, namun beberpa perusahaan bus menyebuntnya dengan sebutan yang berbeda.

Kelas ini memiliki kofigurasi seat penumpang 2-2 dilengkapi dengan Air Conditioner (AC). Armada juga dilengkapi dengan toilet di dalam bus dan adda beberpa perusahaan bus yang memberikan fasilitas berupa selimut.

Untuk harga tiket dan bus kelas Bisnis dan VIP dari arah Solo menuju Jakarta berdasarkan penjual tiket di terminal Tirtonadi Solo, berikut alternatif pilihannya 

Baca juga: Innova Bekas di Jawa Tengah Harganya Stabil, Mulai Rp 120 Jutaan

Bus AKAP PO RayaKompas.com/Fathan Radityasani Bus AKAP PO Raya

  • Pahala Kencana, harga tiket Rp 180.000
  • Maju Utama Mandiri, harga tiket Rp 170.000
  • Agra Mas, harga tiket Rp 180.000
  • Gunung Mulia, harga tiket Rp 200.000
  • Damri, harga tiket Rp 150.000

Harga tiket tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijkan dari perusahaan bus yang mengeluarkan tiket.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X