Alternatif ke Bandung, Tol Japek II Selatan Ditargetkan Rampung 2022

Kompas.com - 07/03/2021, 16:01 WIB
Ilustrasi pembangunan Tol Jakarta-CIkampek II Selatan Dok. Kementerian PUPRIlustrasi pembangunan Tol Jakarta-CIkampek II Selatan
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Akses masyarakat dari Jakarta menuju Bandung akan semakin mudah dengan hadirnya Tol Jakarta - Cikampek (Japek) II Selatan.

Apalagi saat ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama PT Jasamarga Jakarta Cikampek (Japek) Selatan tengah melaksanakan pembangunan Jalan Tol Japek II Selatan.

Jalan tol baru ini menghubungkan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1, JORR 2 dan Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi).

Baca juga: Tilang Elektronik Bekasi, Ini Pelanggaran yang Diincar dan Posisi Kameranya

Ilustrasi perbaikan jalan di ruas tol Jakarta-Cikampek.DOK. JASA MARGA Ilustrasi perbaikan jalan di ruas tol Jakarta-Cikampek.

Jalan Tol Jakarta – Cikampek II Selatan yang membentang sepanjang 62 Kilometer (Km) terbagi dalam tiga seksi pembangunan yaitu: seksi 1 Jatiasih - Setu sepanjang 9,3 Km, seksi 2 Setu-Taman Mekar sepanjang 24,85 Km, dan seksi 3 Taman-Mekar Sadang sepanjang 27,85 Km.

Untuk seksi 1 dan 2 saat ini sedang dalam tahap pembebasan tanah dan ditargetkan konstruksinya rampung Juni 2022.

Sedangkan seksi 3 progres konstruksinya telah mencapai 42,58 persen dan ditargetkan rampung Maret 2022.

Baca juga: Uji Tabrak Kembaran Daihatsu Rocky Dapat 5 Bintang

Gerbang Tol Pasteur 2, Bandung.Dokumentasi PT Jasa Marga (Persero) Tbk Gerbang Tol Pasteur 2, Bandung.

Jalan Tol Japek II Selatan tersebut nantinya akan memiliki 7 Gerbang Tol (GT) yaitu, GT Jati Asih, GT Bantar Gebang, GT Setu, GT Sukaragam, GT Taman Mekar, GT Kutanegara, dan GT Sadang.

Menteri PUPR Basuki Hadimulyono, mengatakan, kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan produktif seperti ini akan memperlancar aksesibilitas masyarakat, mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri.

“Keberadaan jalan Tol Japek II Selatan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi," ujar Basuki, dalam keterangan tertulis (7/3/2021).

"Dan pengembangan wilayah kawasan industri, perumahan, maupun wisata sepanjang trase jalan tol tersebut,” kata dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X