Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pompa Bensin Bermasalah, Toyota Recall Ribuan Avanza

Kompas.com - 08/03/2021, 08:52 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Akibat fuel pump atau pompa bensin yang bermasalah, sebanyak 3.923 unit Toyota Avanza yang dipasarkan di Malaysia bakal ditarik atau recall.

UMW Toyota Motor (UMWT), pemegang merek Toyota di Malaysia mengatakan, recall terhadap low multi purpose vehicel (LMPV) atau MPV murah tersebut, dilakukan untuk perbaikan terhadap pompa bensin yang berpotensi rusak.

Mengutip Paultan (4/3/2021), untuk Toyota Avanza yang terdampak masalah fuel pump, dari hasil laporan diketahui merupakan unit yang diproduksi sejak Oktober 2017 sampai Juni 2019.

Baca juga: Daftar Harga Bekas Xenia dan Avanza, Anjlok karena PPnBM 0 Persen?

Walau belum dijabarkan secara spesifik, namun diinformasikan Avanza yang terdampak persoalan pompa bahan bakar berpotensi mengalami beberapa masalah.

Mulai dari indikator engine check pada speedometer juga akan terus menyala, performa tenaga, hingga membuat mesin mati seketika dan sulit dihidupkan kembali.

Toyota AvanzaTAM Toyota Avanza

Untuk mengatasi masalah tersebut, UMWT mengklaim bakal memberikan informasi kepada pemilik Avanza untuk melakukan perbaikan. Semua pengerjaan dilakukan secara gratis.

Lantas bagaimana dengan di Indonesia ? mengingat Avanza yang ada di Malaysia sendiri diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) bersama kembarannya, yakni Xenia.

Baca juga: Hyundai Recall 82.000 Unit Mobil Listrik, Termasuk Ioniq dan Kona

Menjawab hal tersebut, Direktur Pemasaran PT ADM Amelia Tjandra, enggan memberikan komentar langsung. Wanita yang akrab disapa Amel ini hanya mengatakan bakal menginformasikan dalam waktu dekat.

"Nanti saat Daihatsu virtual press conference akan kita jelaskan ya, ditunggu saja antara 18 atau 19 Maret," tulisnya dalam pesan singkat kepada Kompas.com, Minggu (7/3/2021).

Toyota Avanza dan Daihatsu XeniaTAM-ADM Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia

Diketahui penarikan yang dilakukan terhadap MPV murah tersebut, juga masuk dalam kampanye recall yang dihelat Toyota Motor Corporation (TMC) secara global terhadap masalah yang sama, yakni pompa bensin.

Artinya, memang bukan hanya Avanza saja yang terdampak, karena ada lebih dari 5 juta unit Toyota produksi 2013-2019 dengan beragam model yang mengalami masalah fuel pump.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com