Sempat Populer seperti Honda Jazz, 8 Mobil Ini Akhirnya Disuntik Mati

Kompas.com - 08/03/2021, 08:02 WIB
Hatchback Honda Jazz Stanly/KompasOtomotifHatchback Honda Jazz

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi mengumumkan telah menghentikan produksi salah satu produk hatchback legendarisnya, yakni Honda Jazz.

Mobil yang sempat menjadi salah satu produk unggulan Honda itu diketahui sudah mengaspal selama 18 tahun. Namun, PT HPM memutuskan untuk menggantikan Honda Jazz dengan Honda City Hatchback RS yang baru saja diluncurkan pada Rabu (3/3/2021).

"Kami sudah tidak memproduksi lagi Honda Jazz di Indonesia. Kami menilai bahwa Honda City Hatchback RS bisa memenuhi keinginan target konsumen kami di segmen hatchback," ucap Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM, belum lama ini.

Selain Honda Jazz, ada beberapa mobil di Indonesia yang populer hanya sesaat. Namun, setelah beberapa tahun penjualannya terus merosot hingga akhirnya disuntik mati.

Baca juga: Intip Harga Honda PCX 150 Bekas di Jawa Tengah

Dari catatan redaksi Kompas.com, ada delapan mobil yang pernah populer dan dihentikan produksinya, sebagai berikut:

Honda Freed facelift yang sudah dikenalkan di Jepang.Honda Honda Freed facelift yang sudah dikenalkan di Jepang.

1. Honda Freed
Honda Freed memulai kiprahnya pada tahun 2008, dan langsung mendapat sambutan hangat dari para penggemar MPV pintu geser.

Sayangnya, mobil ini tidak mampu menggeser penggemar Toyota Innova atau Avanza. Mobil dengan kapasitas mesin 1.500 cc ini akhirnya harus berhenti produksi pada 2016.

Spin Active yang ikut dipajang pada booth Chevrolet di Jakarta Fair Spin Active yang ikut dipajang pada booth Chevrolet di Jakarta Fair

2. Chevrolet Spin
Perombakan manajemen pada Chevrolet di Indonesia diyakini sebagai salah satu bentuk kegagalan pabrikan otomotif asal Amerika ini dalam memasarkan Spin.

Manajemen asing yang tidak bisa membaca selera pasar di Indonesia membuat penjualan mobil ini terus menurun.

Meluncur pada tahun 2013, mobil yang masuk kategori multi purpose vehicle (MPV) ini harus disuntik mati tahun 2015.

Baca juga: Insentif Pajak Plus Diskon, Harga Toyota Vios Lebih Murah Rp 75 Juta

Suzuki Splash salah satu model yang mendapatkan diskonKompasOtomotif Suzuki Splash salah satu model yang mendapatkan diskon

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X