Pasaran Harga Wuling Seken di Jawa Tengah, Ada yang di Bawah Rp 100 Juta

Kompas.com - 07/03/2021, 09:41 WIB
Wuling Almaz dilengkapi dengan fitur Wuling Indonesian Command (WIND). Wuling MotorsWuling Almaz dilengkapi dengan fitur Wuling Indonesian Command (WIND).
|

SOLO, KOMPAS.com -  Persaingan harga di pasaran mobil bekas tidak kalah sengit dengan harga mobil baru. Pasalnya mobil bekas memiliki segmen tersendiri di pasar Indonesia. Salah satu mobil bekas yang menarik untuk dilihat adalah mobil bekas asal China.

Mobil China di pasar mobil Indonesia bukanlah merupakan pemain baru. Sebelum kedatangan Wuling dan DFSK sudah ada pabrikan bernama Chery dan Geely.

Baca juga: Demi Konten Nyawa Jadi Taruhan, Video Biker Tabrak Truk Oleng

Menurut data penjualan wholesales (dari pabrik ke diler) di situs resmi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Chery pertama kali datang ke Tanah Air pada 2006 dan pada  2016 namanya sudah tidak ada lagi di daftar penjualan Gaikindo.

Sedangkan Geely masuk tahun 2011 dan harus mengakhirinya pada 2017.

Wuling Cortez CT Type SKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Wuling Cortez CT Type S

Kemudian muncul pabrikan baru lagi dari China yaitu Wuling dan DFSK, yang sudah eksis dalam beberapa tahun terakhir.

Bagaimana penjualan mobil bekas produk China di pasar Indonesia, khususnya di Jawa Tengah?

Baca juga: Miris, Parodi MotoGP dengan Aksi Kebut-kebutan Bus di Jalan Tol

"Sebenarnya bagus sih mobil mobil buatan China, dengan harga yang murah mereka memiliki kelebihan di fitur yang tidak dimiliki oleh mobil lain dan teknologinya juga bagus," ucap Joni Lapak Mobil salah satu pebisnis di WTC Mangga Dua, Sabtu (06/03/2021).

Hal yang sama juga dikatakan oleh penjual mobil bekas di Solo, Jawa Tengah.

"Kalo menurut saya mobil buatan China itu memang menang di fitur-fitur dan harganya juga lebih murah," ucap Farhan saat ditemui Kompas.com.

Baca juga: Honda Jazz Pamit Undur Diri, Ini Curahan Hati Komunitas

Wuling Confero S ACT Wuling Confero S ACT
Farhan menambahkan, untuk penjualan mobil bekas buatan China di Solo sendiri sebenarnya sudah mulai diterima oleh masyarakat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X