Kompas.com - 07/03/2021, 13:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) baru saja meluncurkan City Hatchback secara virtual pada Rabu (3/3/2021). Peluncuran City Hatchback RS pun menjadi penanda berakhirnya perjalanan Jazz di Tanah Air.

Menurut Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, pihaknya sudah melakukan studi dan menemukan bahwa karakter City Hatchback ini memang dapat memenuhi keinginan target market Honda di segmen hatchback, terutama mereka yang sebelumnya menyukai Jazz.

Baca juga: Penjualan Honda Jazz Kalah Pamor dengan Brio dan HR-V?

“Di luar itu, City Hatchback memiliki nilai lebih untuk memberikan value for money lebih baik buat konsumen di Indoensia. Jadi karakter sporty, desain sporty, perfoma engine yang baik, itu kan melekat sekali pada segmen hatchback ini,” ucap Billy dalam konferensi virtual beberapa waktu lalu.

Honda City HatchbackDok. HPM Honda City Hatchback

Meski begitu, untuk urusan dapur pacu, kubikasi mesin yang digunakan City Hatchback sama dengan Jazz, hanya saja berbeda secara teknologi.

Untuk Honda Jazz masih menggunakan sitem Single Over Head Camshaft (SOHC), sementara City Hatchback sudah Double Over Head Camshaft (DOHC).

Baca juga: Uji Tabrak Kembaran Daihatsu Rocky Dapat 5 Bintang

Bila membedah lebih dalam, memang tidak begitu signifikan perbedaannya. Kapasitas mesin City Hatchback RS sebesar 1.498 cc DOHC 4 silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW yang membuat performanya mencapai 119,3 tk pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm.

Mesin Honda Jazz Hybridpaultan.org Mesin Honda Jazz Hybrid

Hanya 1 cc lebih besar dari Jazz yang memiliki kapasitas 1.497 cc SOHC yang mampu menghasiilkan tenaga 118 tk pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.600 rpm.

Namun demikian, putaran tenaga City Hatchback sudah lebih cepat dirasakan karena berada di kisaran 4.300 rpm. Sementara Jazz di 4.600 rpm.

Jadi bisa disimpulkan, untuk urusan perfoma Honda City Hatchback sedikit lebih unggul dari Honda Jazz.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.