Uji Tabrak Kembaran Daihatsu Rocky Dapat 5 Bintang

Kompas.com - 07/03/2021, 07:21 WIB
Perodua Ativa atau Daihatsu Rocky di Malaysia, telah mendapatkan skor bintang 5 dalam uji tabrak ASEAN NCAP. Dok. ASEAN NCAPPerodua Ativa atau Daihatsu Rocky di Malaysia, telah mendapatkan skor bintang 5 dalam uji tabrak ASEAN NCAP.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Peluncuran saudara kembar Daihatsu Rocky atau Perodua Ativa di Malaysia bersamaan dengan rilisnya hasil uji tabrak yang dilakukan ASEAN NCAP.

Berdasarkan crash test yang diselenggarakan pada Desember 2020 lalu, Perodua Ativa varian 1.000 cc turbo CVT produksi 2021, mendapatkan hasil lima bintang dengan skor keseluruhan 83,40 poin.

Khairil Anwar Abu Kasim, Sekretaris Jenderal ASEAN NCAP, mengatakan, Perodua Ativa jadi mobil pertama yang dinilai berdasarkan protokol ASEAN NCAP 2021-2025 yang baru.

Baca juga: Berikut Daftar Harga BBM Shell dan Pertamina per Maret 2021

Perodua Ativa - Daihatsu Rocky Malaysia resmi meluncurPAULTAN.org Perodua Ativa - Daihatsu Rocky Malaysia resmi meluncur

Menurutnya, ASEAN NCAP telah memastikan protokol baru akan meningkatkan kinerja keselamatan kendaraan di kawasan ASEAN.

“Dengan protokol ini, kami tidak hanya melindungi keselamatan penumpang kendaraan tetapi juga memperhatikan keselamatan pengguna jalan rentan lainnya terutama pengendara sepeda motor,” ujar Khairil, dikutip dari situs ASEAN NCAP (6/3/2021)

“Karena statistik menunjukkan angka kematian yang tinggi di antara kelompok pengguna jalan di kawasan Asia Tenggara,” katanya.

Baca juga: Pembangunan Tol Becakayu Dilanjutkan, Berikut Rekayasa Lalin di Bekasi\

Daihatsu Rocky telah resmi dijual di Jepang mulai harga Rp 226 jutadaihatsu.co.jp Daihatsu Rocky telah resmi dijual di Jepang mulai harga Rp 226 juta

Dari video yang dirilis ASEAN NCAP, dapat kita lihat mobil tersebut mengalami crash test mulai dari tabrakan frontal, samping, hingga penggunaan safety assist di jalan raya seperti Pre-collision Braking dan Blind Spot Warning.

Untuk diketahui, dalam hal perlindungan penumpang dewasa, Ativa mendapat skor 37,48, kemudian perlindungan penumpang anak 17,36 poin, penghitungan terhadap fitur keselamatan 18,57 poin, dan perlindungan bagi pengendara sepeda motor 10 poin.

Apiknya capaian Perodua Ativa barangkali bisa jadi gambaran hasil uji tabrak bagi Daihatsu Rocky maupun Toyota Raize yang bakal meluncur di Indonesia.

Baca juga: Daihatsu Rocky Versi Malaysia Meluncur, Wajah Lebih Kalem

Antara Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, sama-sama dibekali sistem penggerak Dynamic Torque Control 4WD. daihatsu.co.jp Antara Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, sama-sama dibekali sistem penggerak Dynamic Torque Control 4WD.

Pasalnya, kehadiran Rocky dan Raize di Indonesia semakin santer usai muncul kode produksi kedua model itu di dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB)

Tak hanya itu, Rocky dan Raize, walau belum meluncur di Tanah Air, masuk ke dalam daftar penerima relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) dari pemerintah.

Kedua hal tersebut makin mempertegas kabar kehadiran Rocky dan Raize di Indonesia dalam waktu dekat.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X