Tilang Elektronik Bekasi, Ini Pelanggaran yang Diincar dan Posisi Kameranya

Kompas.com - 07/03/2021, 08:01 WIB
Kendaraan melintas di bawah kamera Closed Circuit Television (CCTV) di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Sabtu (23/1/2021). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menargetkan 100 kamera electronic traffic law enforcement (ETLE) terpasang di sejumlah ruas jalan di Jakarta pada 2021. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa. Aprillio AkbarKendaraan melintas di bawah kamera Closed Circuit Television (CCTV) di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Sabtu (23/1/2021). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menargetkan 100 kamera electronic traffic law enforcement (ETLE) terpasang di sejumlah ruas jalan di Jakarta pada 2021. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebelum menerapkan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE), Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestro Bekasi akan melakukan sosialisasi terkait kebijakan tersebut.

Rencananya, kamera ETLE telah dipasang simpang Jalan RE Martadinata, depan Sentra Grosir Cikarang (SGC).

Titik ini dipilih karena merupakan akses bagi kendaraan dari arah barat menuju timur atau Karawang maupun sebaliknya.

Baca juga: Berikut Daftar Harga BBM Shell dan Pertamina per Maret 2021

Tampak Jalan Raya Kalimalang, Kota Bekasi, Jumat (5/10/2018).KOMPAS.com/-DEAN PAHREVI Tampak Jalan Raya Kalimalang, Kota Bekasi, Jumat (5/10/2018).

AKBP Ojo Ruslani, Kasatlantas Polrestro Bekasi, mengatakan, pengemudi yang melanggar marka jalan, menggunakan telepon seluler saat berkendara, tidak mengenakan sabuk pengaman dan sebagainya akan ditilang dengan ETLE.

“Kami masih melakukan sosialisasi tilang elektronik tersebut,” ujar AKBP Ojo Ruslani, dilansir dari laman NTMC Polri (6/3/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia berharap, dengan penerapan tilang elektronik ini masyarakat semakin patuh dalam berlalu lintas.

Ini dimaksudkan supaya tercapai tujuan untuk mengurangi tingkat pelanggaran dan angka kecelakaan lalu lintas, khususnya di wilayah hukum Bekasi.

Baca juga: LG Akan Bangun Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Akhir Maret 2021

Ilustrasi surat tilang elektronik.Dok. Bambang Widjo Purwanto Ilustrasi surat tilang elektronik.

“Kamera ini akan beroperasi selama 24 jam penuh. Nantinya, dikembangkan dengan menambah titik-titik jalan yang dipasang kamera elektronik,” kata Ojo.

Nantinya, para pelanggar lalu lintas yang terekam kamera dari nomor polisi, akan diberikan surat tilang yang dikirim ke rumah.

Penyelesaian tilang dilakukan melalui pembayaran di Bank BRI dan apabila denda tilang tidak dibayar maka pajak kendaraan akan diblokir.

Baca juga: Tanggapan Pengelola Tol Cipali soal Bus yang Ugal-ugalan

Ilustrasi kamera tilang elektronik atau ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement).TRIBUNNEWS.com/JEPRIMA Ilustrasi kamera tilang elektronik atau ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.