Fungsi Sekat Kabin Pengemudi dan Penumpang di Bus

Kompas.com - 04/03/2021, 11:02 WIB
Sekat kabin bus AKAP PO ANS Morodadi PrimaSekat kabin bus AKAP PO ANS

JAKARTA, KOMPAS.comKabin bus antar kota secara umum terbagi menjadi dua, ruang kemudi dan penumpang. Ruang kemudi tentunya ada di depan, ditempati oleh pengemudi dan kru atau kernet.

Selain itu, beberapa PO bus menambah sekat yang memisahkan antara ruang kemudi dan penumpang. Jadi ketika penumpang naik, harus masuk lagi lewat pintu yang ada di tengah sekat tersebut.

Sekat ini juga biasanya tetap memiliki kaca agar penumpang tetap bisa melihat ke arah depan. Lalu apa sebenarnya fungsi dari sekat yang memisahkan ruang kemudi dan penumpang pada bus ini?

Baca juga: City Hatchback Datang, Honda Jazz Resmi Pensiun

Sekat antara pengemudi dan penumpang busHappy Bus Sekat antara pengemudi dan penumpang bus

Sales Executive New Armada Jatibaru Gerry Adrian mengatakan, salah satu tujuan PO bus memasang sekat antara ruang kemudi dan penumpang yaitu agar pengemudi dan kru bisa merokok.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Jadi ruang kemudi menjadi smoking room yang ada di depan. Selain itu, ada PO bus juga yang tetap memesan ruang merokok yang ada di belakang kabin, dekat toilet,” ucap Gerry kepada Kompas.com, Rabu (3/3/2021).

Jika ada sekat di depan, asap rokok dari pengemudi tidak sampai masuk ke kabin penumpang. Dengan begitu, kabin penumpang yang ber-AC tidak akan terganggu dengan asap rokok.

Baca juga: Honda City Hatchback Resmi Meluncur, Harga Diumumkan April

Marketing Staff karoseri Tentrem Dimas Raditya menambahkan, sekat yang ada di depan berfungsi sebagai komponen keselamatan. Ketika bus tabrakan, penumpang tidak sampai terlempar keluar bus.

“Sekat ini menggunakan rangka besi kemudian dilapis dengan plastik ABS dan pakai kaca tempered. Kalau bagian depan bus menabrak, pecahan kaca enggak sampai kena langsung ke penumpang,” ucap Dimas kepada Kompas.com.

Namun, dipasangnya sekat ini juga ada kekurangannya. Misalnya bagi penumpang yang senang melihat perjalanan ke arah depan, pandangannya sedikit terhalang dengan adanya sekat ini.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X