Jethrokusumo Bus Jadi Bodi Favorit Perusahaan Otobus di Indonesia

Kompas.com - 04/03/2021, 09:02 WIB
Bus AKAP baru PO SAN PO SANBus AKAP baru PO SAN

JAKARTA, KOMPAS.comBodi bus yang beredar di jalanan Indonesia, dibuat oleh perusahaan karoseri lokal. Salah satu model bodi bus yang cukup terkenal di Indonesia, adalah Jetbus buatan karoseri Adiputro di Malang, Jawa Timur.

Jetbus merupakan akronim dari Jethrokusumo Bus, alias bus buatan Jethrokusumo, nama keluarga pemilik karoseri Adiputro. Jetbus sendiri muncul pada tahun 2011, dan sekarang sudah sampai generasi ketiga yang dinamai dengan Jetbus 3+.

Populasi Jetbus sendiri di Indonesia bisa dibilang sangat banyak. Bahkan bagi PO yang melakukan rombak bodi, Jetbus 3+ menjadi acuannya karena dinilai lebih disukai oleh penumpang.

Baca juga: Penerapan Ganjil Genap di Kota Bogor Ditiadakan Sementara

Bus AKAP PO MJPMinstagram/adiputro_official Bus AKAP PO MJPM

Anggota Forum Bismania Indonesia Dimas Raditya mengatakan, selain disukai oleh penumpangnya, ada beberapa alasan lagi kenapa Jetbus buatan Adiputro ini jadi salah satu favorit di Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Pertama yaitu nama besar Adiputro, kemudian banyak ditiru atau rombak unit lama dengan yang lebih baru dan model busnya yang aman sehingga mudah diterima oleh orang awam,” kata Dimas kepada Kompas.com, belum lama ini.

Adiputro merupakan karoseri yang cukup terkenal di Indonesia, sebelum lahirnya Jetbus, sudah banyak bodi lain yang dibuat seperti Marcopolo sampai Setra. Selain itu, nama Jetbus ini ternyata juga cukup menjual.

Baca juga: Tim Pertamina Mandalika Jadi yang Tercepat di Sesi Tes Valencia

“Nama Jetbus sendiri memang menjual. Sejak ada nama Jetbus, penjualan bus Adiputro juga lumayan naik,” ucap Dimas.

Kedua, bodi Jetbus yang lama, seperti Jetbus 2 bahkan Jetbus pertama masih diminati unit bekasnya. Banyak karoseri-karoseri kecil yang bisa merombak Jetbus lama menjadi yang paling baru. Hal ini dikarenakan suku cadangnya yang mudah ditemukan.

Rombak bodi bus jadi jetbusDOK. KAROSERI ANUGRAH BOGOR Rombak bodi bus jadi jetbus

“Jadi enggak perlu beli baru yang lebih mahal, bisa rombak saja bodi yang lama,” kata dia.

Hal ini juga dikarenakan sejak pertama muncul, bodi Jetbus awal dan yang terakhir tidak begitu banyak ubahannya. Paling hanya di model headlamp dan lampu belakang, kemudian di selendang samping, jadi tidak perlu banyak merombak bodi lama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.