Kompas.com - 04/03/2021, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comBus dengan sasis premium seperti Scania K360iB, Mercedes Benz OH 1836 sampai model triple axle biasanya memiliki pintu belakang yang posisinya ada di tengah bodi.

Pasalnya, ukuran radiator mesin yang besar lokasinya ada di sisi kiri belakang, sehingga pintu harus geser ke bagian tengah bodi bus.

Namun, apakah bisa bus dengan pintu tengah ini dipindah ke bagian belakang?

Anggota dari Forum Bismania Indonesia Dimas Raditya mengatakan, penggunaan pintu belakang ini sebenarnya kembali lagi ke sasisnya. Beberapa sasis premium memang ada yang bisa dibuat jadi pintu belakang.

Baca juga: Daftar Harga Bekas Xenia dan Avanza, Anjlok karena PPnBM 0 Persen?

Bus akapKaroseri Laksana Bus akap

“Scania K360iB buatan Adiputro juga bisa dibuat pintu belakang. Sedangkan untuk sasis tronton, enggak bisa dibuat pintu belakang, harus di tengah,” ucap Dimas kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Begitu juga karoseri Laksana, pernah membuat pintu belakang di sasis Scania K360iB milik PO STJ. Uniknya, karoseri New Armada juga pernah membuat bus dengan sasis Mercedes benz OH 1836 dengan pintu di belakang walaupun ada konsekuensinya.

Development Design karoseri New Armada, Deddy Hermawan mengatakan, bodi dengan pintu yang seharusnya di tengah kemudian minta di belakang, memang berdasarkan dari keinginan customer.

Baca juga: Bupati Gunungkidul Pemilik Kedua Maung Pindad Berbasis Militer

“Sasis 1836 memang masih ada sedikit ruang di belakang meski mepet, tapi lebih baik memang pakai pintu tengah,” ucap Deddy kepada Kompas.com.

Mengingat  keinginan customer yang tetap ingin posisi pintunya di belakang, terpaksa step tangga ada modifikasi untuk area compressed air system. Modifikasi ini membuat tangga masuk ke kabin bus jadi lebih sempit.

Memindah pintu dari tengah ke belakang ini biasa diminta oleh customer yang tetap menginginkan bagasi yang luas. Karena jika pintu ada di tengah, bagasi di sisi kiri jadi lebih sedikit, sehingga tidak muat banyak barang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.