Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mana Lebih Menguntungkan, Kredit Mobil Baru atau Mobil Bekas?

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli mobil secara kredit masih menjadi pilihan sebagian masyarakat, terutama bagi para kaum milenial yang baru mulai berkarier. Dana yang terbatas kerap menjadi alasan utamanya.

Lantas mana yang lebih menguntungkan, kredit mobil baru atau mobil bekas?

Perencanaan Keuangan dari OneShildt Financial Planning Budi Raharjo mengatakan, kredit mobil baru lebih banyak untungnya dibandingkan kredit mobil bekas.

“Bunga mobil baru pasti lebih rendah, belum lagi kita bisa mendapat diskon serta beragam penawaran menarik lainnya. Selain itu, konsumen juga dibebaskan dari biaya perawatan, karena biasanya masih gratis,” ujar Budi saat dihubungi Kompas.com, Minggu (28/2/2021).

Menurut Budi, idealnya kredit mobil bekas jangan yang usianya lebih dari dua tahun atau tiga tahun. Hal ini terakit alasan perawatan yang masih masuk dalam masa garansi.

“Tapi beli mobil bekas di atas usia 5 tahun juga tidak masalah, asalkan menyiapkan dana untuk perbaikan dan mendapat harga yang bagus,” ucap Budi.

Budi juga mengingatkan, jika pilihannya jatuh kepada mobil bekas, sebaiknya pilih kendaraan yang kira-kira minim biaya operasionalnya dan pentingkan pada fungsionalitas mobil.

“Leasing biasanya terima mobil bekas maksimal 10 tahun, itu pun hanya mobil-mobil tertentu, dan bunganya juga pasti lebih besar,” katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/02/28/160100015/mana-lebih-menguntungkan-kredit-mobil-baru-atau-mobil-bekas-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke