Usai Banjir, 4 SPBU Pertamina Tutup Sementara

Kompas.com - 23/02/2021, 14:01 WIB
Ilustrasi SPBU Pertamina. KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi SPBU Pertamina.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) memastikan pasokan bahan bakar minyak (BBM) di wilayah Jakarta dan sekitarnya masih aman usai banjir melanda pada akhir pekan lalu.

Hanya saja, terdapat empat stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang berhenti beroperasi sementara seiring proses pembersihan dan pengecekkan sarana serta fasilitas demi keselamatan bersama.

Unit Manager Communication, Relations & CSR Regional Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan menjelaskan tiga dari SPBU tadi berada di Karawang, Jawa Barat dan satunya di Jakarta Selatan.

Baca juga: Cara Klaim Asuransi Mobil yang Terendam Banjir, Awas Ditolak

Antrean SPBU di Trans Jawa selama libur natal dan tahun baru 2021 Antrean SPBU di Trans Jawa selama libur natal dan tahun baru 2021

"Dari sekitar 1200 SPBU di wilayah Jakarta dan Jawa Barat, terdapat tiga SPBU di Kabupaten Karawang serta satu SPBU di Jakarta Selatan yang sementara belum beroperasi kembali karena alasan keamanan dan keselamatan," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (23/2/2021).

"Hal ini diakibatkan genangan air yang cukup tinggi sekitar 30 sampai 40 cm di sekitar SPBU pada akhir pekan lalu," lanjut Eko.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih rinci, ialah SPBU 34.41308 di Tanjung Pura, Kabupaten Karawang, SPBU 34.41344 di Jalan Pangkal Perjuangan, Kabupaten Karawang, dan SPBU 34.41317 di Jalan Raya Rawabagus, Kabupaten Karawang.

Sedangkan, satu SPBU lainnya adalah SPBU 34.12510 di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Baca juga: Mobil Jadi Korban Banjir di Tol, Bisa Menuntut Pengelola?

Ilustrasi SPBU PertaminaPertamina Ilustrasi SPBU Pertamina

"Jika kondisi sudah aman untuk operasional, SPBU akan segera beroperasi normal kembali. Kami juga turut mengimbau masyarakat agar selalu waspada dan mengutamakan keselamatan dan tentunya juga mematuhi protokol kesehatan selama di perjalanan," ujar Eko.

Selama SPBU tersebut berhenti operasi sementara, masyarakat bisa menggunakan alterlatif layanan SPBU terdekat.

Untuk Kabupaten Karawang di sekitar area Tanjungpura, bisa mendapat pasokan BBM di SPBU 34.41310 Telukjambe, SPBU 34.41328 Exit Karawang Barat, dan SPBU 34.41349 di Jalan Jenderal Ahmad Yani.

Sedangkan untuk masyarakat yang melintas di Jalan Raya Rawabagus, Kabupaten Karawang, dapat memperoleh BBM di SPBU 34.41352 di Jalan Surotokunto, SPBU 34.41348 di Jalan Wirasaba, dan SPBU 34.41324 di Jalan Syah Quro.

Baca juga: Catat, Ragam Diskon Komponen dan Aksesoris di IIMS Virtual 2021

Mobil tangki mengangkut BBM hingga ke pelosok Indonesia. (Dok. Pertamina) Mobil tangki mengangkut BBM hingga ke pelosok Indonesia. (Dok. Pertamina)

Selain itu, khusus masyarakat yang melintas di Jalan TB Simatupang, Ragunan, Jakarta Selatan dapat memperoleh BBM di SPBU terdekat yakni SPBU 34.12512 di Jalan Warung Jati Barat, SPBU 34.12103 di Jalan TB Simatupang, serta SPBU 34.12507 di Jalan Cilandak KKO.

"Kejadian bencana banjir seperti ini telah kami antisipasi dengan mencari alternatif rute mobil tangki yang aman, berkoordinasi dengan SPBU terkait penambahan suplai ke SPBU regular terdekat," kata Eko.

"Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan kesulitan mendapatkan BBM," tutupnya.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.