Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Perbaiki Mobil Transmisi Matik yang Terendam Banjir Lebih Mahal?

Kompas.com - 20/02/2021, 12:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Akibat hujan deras semalaman, sebagian wilayah di DKI Jakarta dan sekitarnya mengalami banjir. Hujan deras yang terjadi malam hari banyak kadang membuat pemilik mobil tak sadar akan bahaya banjir.

Keadaan ini membuat tak sedikit mobil yang terendam banjir. Untuk memperbaikinya, tentu membutuhkan biaya yang tak sedikit. Apalagi, untuk mobil bertransmisi otomatis atau mobil matik.

Baca juga: Pengguna Kendaraan, Ini Ruas Jalan yang Terendam Banjir di Jakarta

Hermas Efendi, pemilik bengkel spesialis mobil matik Worner Matic, mengatakan, mobil manual perpindahan giginya dilakukan secara mekanis. Sedangkan pada mobil matik, perpindahannya dilakukan secara elektrik dengan dukungan modul kontrol atau TCM (Transmission Control Module).

Mobil terendam banjir di rumah anak Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Dimaz Raditya Soesatyo, di Kemang, Jakarta, Kamis (2/1/2020).Dokumen pribadi Bambang Soesatyo Mobil terendam banjir di rumah anak Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Dimaz Raditya Soesatyo, di Kemang, Jakarta, Kamis (2/1/2020).

"Ada dua komponen pada transmisi matik yang tidak ditemukan di transmisi manual, yaitu kelistrikan matik dan TCM. Tentunya, pengecekan dan perbaikan dua komponen ini memiliki biaya tambahan," ujar Hermas, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Untuk kisaran biayanya, Hermas menambahkan, tergantung dari tipe mobil matiknya. Tapi, kisarannya bisa sampai belasan juta rupiah.

Baca juga: Pengemudi Jangan Nekat Terobos Banjir, Efeknya Mesin Mobil Bisa Jebol

"Untuk kisaran harga, berada di angka Rp 5 jutaan hingga Rp 15 jutaan. Sebab, ada perbedaan nilai investasi teknologi matik dan non matik dari aspek kelistrikan dan komputer," kata Hermas.

Sebaiknya, tetap waspada saat malam hari. Jika terjadi hujan deras dan mulai ada genangan air, jangan malas untuk pindahkan mobil ke tempat yang lebih tinggi atau lebih aman dari banjir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com