BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Lexus

Lexus Hadirkan Inovasi Evolusi The New Lexus LS

Kompas.com - 17/02/2021, 10:05 WIB
Bagian depan Lexus LS 500 DOK. LEXUSBagian depan Lexus LS 500
|

KOMPAS.com – Bagi sebagian orang, mobil tak hanya digunakan sebagai alat transportasi untuk menemani mobilisasi setiap hari. Lebih dari itu, mobil kerap dianggap sebagai perpanjangan karakter penggunanya.

Sebagai contoh, seorang pemimpin dengan karakter dan kepribadian kuat akan cenderung memilih kendaraan roda empat bertipe luxury. Alasannya, mereka lebih mengutamakan kenyamanan berkendara guna menikmati segala fasilitas berkualitas yang ditawarkan.

Berbicara mengenai luxury car, ada beberapa pabrikan yang menjadi pilihan andal para pemimpin sebagai perpanjangan karakter mereka, salah satunya Lexus.

General Manager Lexus Indonesia Meinisa mengatakan, Lexus kerap menciptakan mahakarya yang cocok dengan karakter pemimpin sebagai penggunanya. Perkembangan dan inovasi Lexus bahkan sudah dibuktikan sejak mobil pertama diluncurkan berpuluh tahun silam.

Baca juga: Mengenal Lexus Electrified, Visi Elektrifikasi Mobil Premium Masa Depan

“Sebuah mahakarya sering kali diartikan sebagai karya terbaik dengan menawarkan kreativitas, keterampilan, atau craftsmanship yang luar biasa. Hal ini diwujudkan Lexus dengan memperkenalkan the flagship model Lexus LS 400 sebagai a full-size luxury sedan,” jelas Meinisa dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Senin(15/2/2021).

Sebagai informasi, Lexus LS 400 merupakan salah satu mobil pertama yang diciptakan Lexus pada 1989.

“Lexus LS dibuat untuk mencerminkan karakteristik penggunanya yang memiliki kepribadian kuat dan kerap berpengaruh sebagai decision maker,” ujar Meinisa.

Untuk menciptakan LS 400, Lexus mengerahkan 60 desainer dan 1.400 insinyur yang dibagi menjadi 24 tim, 2.300 teknisi, dan sekitar 200 pekerja pendukung.

Lexus pun berhasil membuat inovasi fitur dan teknologi yang belum pernah dihadirkan mobil-mobil lain pada waktu itu.

Meinisa mengatakan, Lexus LS 400 adalah mobil pertama yang menampilkan teknik pengelasan laser (laser welding). Teknik ini menghasilkan bodi mobil yang 1,5 kali lebih kuat daripada kendaraan biasa.

“Teknologi hydraulic-pneumatic engine mounts yang digunakan juga mampu mengurangi getaran dari mesin V8 berkapasitas 4,0 liter sehingga menghasilkan pengalaman berkendara yang lebih nyaman,” imbuhnya.

Lexus LS 400 merupakan salah satu mobil pertama yang diciptakan Lexus pada 1989.DOK. LEXUS Lexus LS 400 merupakan salah satu mobil pertama yang diciptakan Lexus pada 1989.

Dalam pengembangan LS 400, Lexus selalu mengedepankan aspek kualitas dan keamanan.

Hal tersebut dibuktikan dengan pembuatan 100 unit prototipe untuk menguji dan mengecek kualitas rancangan struktur bodi dengan cara ditabrakkan ke suatu obyek. Setiap mobil juga harus menjalani 300 prosedur pemeriksaan yang lebih banyak ketimbang kendaraan lain pada umumnya.

Prosedur tersebut membuat pabrik Lexus, yakni Tahara Plant, menerima pengakuan sebagai fasilitas produksi paling bebas dari kesalahan di dunia.

Tak berhenti sampai situ, Lexus terus berinovasi dan berevolusi. Riwayatnya bisa disimak lewat ulasan berikut.

Mobil listrik

Pada 2004, Lexus memperkenalkan visi elektrifikasi global dengan meluncurkan teknologi Lexus Hybrid Drive. Lewat teknologi tersebut, Lexus menciptakan powertrain optimal dengan mengombinasikan motor listrik dan mesin berbahan bakar minyak (gasoline).

Alhasil, terciptalah kendaraan ramah lingkungan dan hemat bahan bakar untuk menambah kemudahan serta kenyamanan pelanggan.

Selang tiga tahun, pabrikan asal Jepang ini memperkenalkan Lexus LS 600hL sebagai kendaraan luxury hybrid sedan pertama di dunia.

Baca juga: Hadirkan Mobil Listrik Pertama di Asia Tenggara, Lexus UX 300e Siap Mengaspal di Indonesia

Lexus LS 600hL dibekali mesin 5,0 liter dengan kombinasi sistem Lexus Hybrid Drive. Kendaraan ini juga menjadi salah satu langkah besar Lexus dalam mewujudkan visi Lexus Electrified dengan penggunaan teknologi self-charging hybrid.

Untuk diketahui, self-charging hybrid merupakan teknologi yang memiliki kemampuan pengisian daya baterai dengan tenaga dari mesin dan pengereman.

Lexus LS 500 tampak sampingDOK. LEXUS Lexus LS 500 tampak samping

Evolusi terbaru Lexus LS

Lima belas tahun berselang, visi Lexus Electrified semakin diperkuat dengan kehadiran Lexus LS generasi kelima di Indonesia, yakni The New Lexus LS tipe LS 500 dan LS 500h.

The New Lexus LS 500 dibekali mesin V6 berkapasitas 3,5 liter yang dipadukan dengan turbocharger. Mobil ini mampu menghasilkan 415 horsepower (hp) dan torsi sebesar 600 Newton meter (Nm).

The New LS 500h juga memiliki mesin dengan kapasitas sama. Namun, mesin pada mobil ini digabungkan dengan sistem Lexus Hybrid Drive generasi terbaru yang dapat menghasilkan 354 hp dan torsi 350 Nm.

Untuk memperkuat brand image sebagai pionir luxury car di dunia, Lexus melakukan sejumlah pembaruan sisi eksterior dan interior The New Lexus LS pada 2021. Hal ini dilakukan untuk lebih meningkatkan tampilan, performa berkendara, serta kenyamanan penumpang.

Baca juga: Setelah UX 300e, Lexus Kenalkan Konsep Mobil Listrik Terbaru

Sisi eksterior The New Lexus LS mendapatkan pembaruan di bagian lampu dan bumper depan. Desain 3-LED Headlights masih dipertahankan, tetapi bentuk rangkaiannya telah diubah untuk menghasilkan pencahayaan yang optimal.

Spindle grille khas Lexus dengan motif pohon palem asal Indonesia juga makin dipertajam dengan penambahan side vents di bumper depan.

Untuk bagian interior, The New Lexus LS mendapatkan update pada sistem infotainment, yakni penambahan layar berukuran 12,3 inci dengan fitur touchscreen dan perubahan posisi layar lebih ke depan agar pengendara bisa mengoperasikannya dengan mudah.

Selain itu, konektivitas pengendara makin terasa dengan adanya fitur Apple CarPlay dan Android Auto.

“Pengalaman berkendara Lexus LS tentunya menjadi salah satu hal yang menjadi fokus Lexus dalam pengembangannya,” jelas Meinia.

Interior Lexus LS 500DOK. LEXUS Interior Lexus LS 500

Fitur Digital Rear View Mirror, misalnya, telah diperbarui dengan kualitas kamera high definition untuk memudahkan pengendara melihat bagian belakang saat memarkir mobil.

Pembaruan Lexus LS juga diiringi dengan kehadiran warna baru pada bagian eksterior dan interior.

Pada bagian eksterior, Lexus menghadirkan warna Gin-Ei Luster, yakni sentuhan kelir abu-abu tua yang dapat menghasilkan efek bayangan dan cahaya di panel. Warna ini mampu membuat ilusi layaknya besi yang sedang dipahat.

Selanjutnya, terdapat warna Sonic Iridium yang mengubah tampilan konvensional kelir abu-abu muda. Berbeda dengan Gin-Ei Luster, Sonic Iridium memiliki elemen aluminium flakes.

Baca juga: Siapa Target Konsumen Lexus UX 300e?

Pada sisi interior, warna teranyar yang diperbarui adalah Hazel. Hazel merupakan kelir coklat muda yang terinspirasi dari warna interior Lexus LS 400.

“Kami berharap The New Lexus LS dapat terus menjadi sebuah mahakarya yang mencerminkan kepribadian dan gaya hidup pemiliknya,” kata Meinisa.

The New Lexus LS, lanjutnya, merupakan salah satu lini Lexus L-Line. Selain Lexus LS, pabrikan ini juga mengeluarkan model Lexus LM dan Lexus LX.

Dengan beragam evolusi yang dihadirkan, Lexus pun siap memperkuat eksistensinya di dunia luxury car seraya menampilkan desain, craftsmanship, dan performa yang andal.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya