BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Lexus

Hadirkan Mobil Listrik Pertama di Asia Tenggara, Lexus UX 300e Siap Mengaspal di Indonesia

Kompas.com - 25/11/2020, 13:31 WIB
Lexus UX 300e merupakan sebuah compact luxury crossover SUV pertama yang ditenagai mesin full listrik atau battery electric vehicle (BEV). DOK. LEXUS INDONESIALexus UX 300e merupakan sebuah compact luxury crossover SUV pertama yang ditenagai mesin full listrik atau battery electric vehicle (BEV).
|

KOMPAS.com – Produksi kendaraan hemat energi dan ramah lingkungan, seperti mobil listrik, tampaknya menjadi salah satu fokus pabrikan mobil di seluruh dunia. Selain dapat meminimalisasi dampak buruk lingkungan, kehadiran mobil listrik juga sejalan dengan permintaan konsumen.

Pada kenyataannya, mengendarai mobil listrik jauh lebih ramah lingkungan daripada mengendarai kendaraan berbahan bakar bensin.

Salah satu firma penelitian asal Amerika Serikat BloombergNEF menemukan bahwa kendaraan yang menggunakan bensin menghasilkan sekitar 250 gram karbon dioksida per mil, seperti dilansir dari situs weforum.org, Senin (5/3/2018).

Dalam temuan BloombergNEF, kendaraan listrik menghasilkan gas buang yang rata-rata lebih bersih 39 persen daripada mobil konvensional. Sejalan dengan teknologi yang kian maju, mobil listrik bahkan diprediksi menghasilkan gas buang 67 persen lebih bersih daripada mobil bertenaga bensin pada 2040.

Hal ini membuat banyak pabrikan kendaraan roda empat mulai memproduksi mobil listrik, salah satunya Lexus. Sejak memperkenalkan RX 400h pada 2005, Lexus memulai perjalanannya dalam mengembangkan kendaraan elektrifikasi yang mewah, dinamis, efisien, dan tangguh melalui Lexus hybrid drive.

General Manager Lexus Indonesia Meinisa mengatakan, sebagai pelopor dalam teknologi hybrid di luxury automotive industry, Lexus berkomitmen untuk terus menyajikan inovasi teknologi yang mutakhir dan memberikan amazing experience bagi seluruh konsumennya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Atas dasar itu, Lexus Indonesia memperkenalkan Lexus UX 300e, sebuah compact luxury crossover SUV pertama yang ditenagai mesin full listrik atau battery electric vehicle (BEV).

“Peluncuran Lexus UX 300e di Indonesia merupakan yang pertama di Asia Tenggara. Ini juga menjadi implementasi dari komitmen visi Lexus Electrified,” jelas Meinisa dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (23/11/2020).

Visi Lexus Electrified, lanjutnya, adalah mewujudkan strategi elektrifikasi global. Ini pula yang menjadi landasan Lexus melakukan lompatan inovatif dalam mengembangkan performa kendaraan listrik.

Sebagai kendaraan berpenggerak murni listrik, Lexus UX 300e menyajikan kecanggihan dan kemudahan yang dibutuhkan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Ditambah lagi dengan performa penggerak motor listrik yang andal, Lexus UX 300e tidak hanya membuat pengemudi nyaman, tetapi juga memberikan performa berkendara yang maksimal dengan tenaga powerful.

“Kami optimistis kehadiran Lexus UX 300e akan memberikan warna baru bagi industri otomotif, lifestyle, dan luxury market di Indonesia, terutama untuk para Lexus enthusiasts yang sadar lingkungan,” kata Meinisa.

Menggunakan baterai jenis lithium-ion, Lexus UX 300e memiliki motor listrik berkapasitas 54,3 kilowatt per jam (kWh) yang dapat menghasilkan 201 horsepower dan torsi 300 Newton meter (Nm).DOK. LEXUS INDONESIA Menggunakan baterai jenis lithium-ion, Lexus UX 300e memiliki motor listrik berkapasitas 54,3 kilowatt per jam (kWh) yang dapat menghasilkan 201 horsepower dan torsi 300 Newton meter (Nm).

Performa maksimal

Dalam pengembangan mobil listrik ini, Lexus fokus untuk memberikan driving performance yang menyenangkan. Para Lexus Takumi–sebutan untuk teknisi Lexus–yang dipimpin oleh Takashi Watanabe sebagai Chief Engineer mampu memanfaatkan drivetrain elektrik untuk lebih meningkatkan performa kendaraan di jalan.

Menggunakan baterai jenis lithium-ion, Lexus UX 300e memiliki motor listrik berkapasitas 54,3 kilowatt per jam (kWh) yang dapat menghasilkan 201 horsepower dan torsi 300 Newton meter (Nm).

Dengan kekuatan seperti itu, jangkauan mengemudi Lexus UX 300e bisa mencapai 300 kilometer (km) dengan sekali pengisian daya listrik.

Lexus melengkapi UX 300e dengan AC wall charger yang dapat dipasang di mana pun sesuai keinginan pemilik kendaraan dan sebuah household socket charging cable yang dapat digunakan pada stop kontak dinding standar. Kedua alat tersebut diberikan cuma-cuma untuk para pelanggan Lexus.

Selain dapat mengisi daya di rumah, Lexus UX 300e juga bisa mengisi daya baterai di stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) yang telah disediakan oleh PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Untuk mengetahui lokasi SPKLU terdekat, Anda bisa mengecek aplikasi Charge.IN.

Berbicara mengenai durasi pengisian, pihak Lexus mengatakan bahwa hal ini tergantung pada suhu baterai, riwayat penggunaan, pengisi daya, dan voltase listrik.

Berdasarkan uji coba yang dilakukan Lexus, pengisian daya baterai dari 0-100 persen dengan menggunakan household socket charging cable bisa memakan waktu kurang lebih 24 jam.

Akan tetapi, pengisian menggunakan AC wall charger yang disediakan oleh Lexus hanya membutuhkan kurang lebih 5-6 jam. Apabila ingin lebih cepat, pemilik mobil bisa mengisi daya baterai di SPKLU terdekat dengan kurun waktu sekitar 50 menit saja.

Dikembangkan dari basis Lexus UX series, Lexus UX 300e hadir untuk menjawab kebutuhan kaum urban luxury yang aktif, dinamis, young, stylish, dan sadar lingkungan.DOK. LEXUS INDONESIA Dikembangkan dari basis Lexus UX series, Lexus UX 300e hadir untuk menjawab kebutuhan kaum urban luxury yang aktif, dinamis, young, stylish, dan sadar lingkungan.

Kemewahan berkendara

Dikembangkan dari basis Lexus UX series, Lexus UX 300e hadir untuk menjawab kebutuhan kaum urban luxury yang aktif, dinamis, young, stylish, dan sadar lingkungan.

Tampil dengan desain edgy nan elegan serta mengedepankan performa yang halus, Lexus UX 300e dilengkapi dengan berbagai fitur eksterior khas Lexus UX, seperti Lexus spindle grille, 3-LED projector headlights, dan terobosan inovasi lampu belakang limitless line berbentuk horizontal.

Tidak hanya keindahan kasatmata yang terlihat, Lexus UX 300e juga lengkap dengan kemudahan-kemudahan khas Lexus yang menunjang kenyamanan berkendara, seperti fitur power back door with kick sensor.

Dari segi interior, Lexus UX 300e mengusung tema human-centered cockpit, yakni penempatan jok dan fitur-fitur berkendara yang terfokus kepada pengemudi dan penumpangnya.

Pengalaman mengemudi pun akan makin terasa dengan adanya digital optitron tachometer dan head-up display yang dapat menampilkan informasi berkendara, seperti kecepatan dan sisa daya baterai.

Bagi penumpang, integrasi audio switch Lexus UX 300e yang berada pada arm rest dapat menciptakan efisiensi dalam mengontrol sistem multimedia yang telah dilengkapi dengan 13-speaker Mark Levinson surround sound system dan 10,3 inci center display. Mobil ini juga dilengkapi dengan Apple CarPlay dan Android Auto sebagai penunjang berkendara.

Lexus Safety System+ memiliki 4 fitur utama, yakni pre-collision system (PCS), dynamic radar cruise control (DRCC), lane departure alert (LDA), dan adaptive high beam system (AHS).DOK. LEXUS INDONESIA Lexus Safety System+ memiliki 4 fitur utama, yakni pre-collision system (PCS), dynamic radar cruise control (DRCC), lane departure alert (LDA), dan adaptive high beam system (AHS).

Fitur keamanan

Dari segi keamanan, Lexus UX 300e dilengkapi dengan 8 supplemental restraint system (SRS) airbags, blind spot monitor sebagai indikator yang akan menyala di kaca spion untuk sudut tidak terlihat, panoramic view monitor yang dapat memperlihatkan semua sisi Lexus UX 300e di layar depan, dan all-around parking sensors untuk memudahkan manuver saat parkir atau ketika menyusuri jalan sempit.

Tidak hanya itu, Lexus UX 300e sudah dilengkapi dengan Lexus Safety System+, yaitu teknologi active safety yang dikembangkan untuk mendukung pengemudi serta mengurangi potensi dan dampak kecelakaan.

Lexus Safety System+ memiliki 4 fitur utama, yakni pre-collision system (PCS), dynamic radar cruise control (DRCC), lane departure alert (LDA), dan adaptive high beam system (AHS).

Sebagai mobil listrik pertama dari Lexus, pabrikan asal Jepang ini akan memberikan garansi lengkap (complete warranty) selama 8 tahun mencakup kendaraan dan baterai tanpa batas kilometer.

Selain itu, konsumen yang membeli Lexus UX 300e juga akan mendapatkan layanan servis dan penggantian suku cadang gratis selama 5 tahun tanpa batas kilometer.

Siap tampil lebih elegan dan ramah lingkungan dengan Lexus UX 300e?

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya