Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bahas Fitur Unggulan Motor Supersport Honda CBR600RR

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda CBR600RR sudah resmi dipasarkan di Indonesia. Motor supersport ini tidak hanya kencang, tapi juga dibekali dengan beragam fitur modern berteknologi canggih.

Dimulai dari sistem pencahayaannya, semuanya sudah menggunakan teknologi LED, mulai dari lampu depan, lampu belakang, dan lampu sein.

Setelah itu, di bagian panel meter sudah menggunakan layar TFT berukuran besar dan full digital. Layarnya juga mampu menampilkan dua mode yang bisa dipilih, yakni Street dan Circuit.

Untuk menyesuaikan dengan selera pengendaranya, CBR600RR dibekali dengan tiga mode berkendara, antara lain Fast Riding, Fun Riding, dan Comfortable Riding.

CBR600RR juga memberi opsi bagi pengendara untuk membuat mode berkendara sendiri sesuai karakter berkendaranya melalui dua slot yang dapat mengatur tenaga (5 level), HSTC (9 level+off), wheelie control (3 level+off), dan engine brake (3 level).

CBR600RR juga sudah dibekali sensor Inertial Measurment Unit (IMU) untuk mendeteksi posisi angle sepeda motor. Komponen ini bekerja bersama Honda Selectabe Torque Control (HSTC) dan Engine Control Unit (ECU), menjaga ban belakang tidak selip ketika berakselerasi dan menikung. Perangkat tersebut juga meminimalisasi ban depan terangkat saat akselerasi berlebihan.

IMU pada CBR600RR juga bekerja sama dengan Honda Electronic Steering Damper (HESD). Fitur ini menawarkan tiga mode penyetelan (hard, medium, dan soft).

Dilengkapi assist/ slipper clutch, yang membuat pengoperasian tuas kopling semakin ringan, sekaligus mengurangi efek engine brake saat pengendara menurunkan gigi transmisi. Throttle by wire juga membuat bukaan gas semakin presisi.

Selain itu, penyematan fitur Emergency Stop Signal (ESS) pada CBR600RR menunjang keselamatan pada saat pengereman mendadak. Fitur ini secara otomatis akan mengaktifkan lampu hazard saat rem dioperasikan.

Untuk sistem keamanannya, CBR600RR dilengkapi dengan sistem mekanisme anti pencurian dari Honda, yakni Honda Ignition Security System (HISS). Di bagian pengereman, juga terdapat fitur Anti-lock Braking System (ABS) pada rem depan dan rem belakang.

Honda CBR600RR dipasarkan dengan harga Rp 550.000.000 (OTR Jakarta) dan hanya tersedia satu warna, yakni Tricolor.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/02/17/090200215/bahas-fitur-unggulan-motor-supersport-honda-cbr600rr

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke