Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda CBR600RR “Menyerah” di Eropa

Kompas.com - 30/06/2016, 14:01 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

London, KompasOtomotif – Honda akan berhenti memasarkan produk CBR600RR di wilayah Inggris dan Eropa, hingga . Ini menyusul akan diberlakukannya regulasi Euro IV, untuk standar emisi dan kebisingan, pada 1 Januari 2017.

Mengutip Motorcyclenews, Kamis (30/6/2016) sampai saat ini belum ada keterangan resmi dari pihak Honda. Namun , dari sumber terpercaya Honda Jepang mengkonfirmasi, tidak ada pengganti CBR600RR untuk Eropa selanjutnya.

Sementara, untuk model lain yang ada saat ini, masih bisa terus dijual dan tidak terpengaruh oleh undang-undang Euro IV di Inggris dan Eropa. Di wilayah ini, pejualan sepeda motor supersport memang sedang mengalami penurunan dan mungkin juga berimbas pada motor 600 cc Honda ini.

“Ini tentunya bukan keputusan yang mudah. CBR600 sendiri adalah produk yang punya posisi penting untuk perusahaan selama bertahun-tahun. Namun, kenyataannya saat ini adalah penjualan model ini (segmen 600cc) tidak lagi sesuai dengan yang diharapkan, jadi kemungkinan untuk dilanjutkan akan kurang layak,” ujar sumber Jepang.

Selain tu, pengembangan untuk bisa memenuhi standar Euro IV juga membutuhan biaya besar, dan banyak pekerjaan terperinci  yang harus juga dilakukan. Jika dipaksakan ini akan memunculkan beberapa kesulitan dan juga pengeluaran biaya yang besar.

Melihat pada jauh keb elakang, sejak 1990, penjualan Honda CBR600F mencapai 4.500 setiap tahunnya. Sementara pada tahun lalu, hanya tercatat 150 unit saja untuk CBR600RR.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com