Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan yang Mengganjal Morbidelli Pakai Yamaha M1 Spesifikasi Pabrikan

Kompas.com - 16/02/2021, 08:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di antara semua pebalap Yamaha, hanya Franco Morbidelli yang menggunakan motor berbeda dari segi spesifikasi. Padahal, musim lalu hanya Morbidelli pebalap Yamaha yang meraih kemenangan paling banyak.

Meski sudah meraih tiga kemenangan di MotoGP 2020, Morbidelli akan dibekali YZR-M1 A-spec. Spesifikasinya berbeda dengan yang digunakan oleh Fabio Quartararo dan Maverick Vinales.

Baca juga: Morbidelli Bertekad Kalahkan Suzuki pada MotoGP 2021

Bahkan, Valentino Rossi pun didukung penuh dengan M1 spesifikasi terkini.

Franco Morbidelli , MotoGP race,  Aragon MotoGP. 18 October 2020David Goldman Franco Morbidelli , MotoGP race, Aragon MotoGP. 18 October 2020

Lin Jarvis, Direktur Balap Yamaha, mengatakan, Morbidelli mengejutkan banyak orang dengan performanya pada paruh kedua musim lalu.

"Terkait spesifikasi motor, ditentukan oleh Yamaha dan tim. Tapi, ada juga konsekuensi finansial, motor pabrikan jauh lebih mahal dibanding motor A-spec," ujar Lin Jarvis, dikutip dari Speedweek.com, Selasa (16/2/2021).

Selain itu, Lin Jarvis menambahkan, waktu juga perlu dipertimbangkan. Contohnya, kapan harus memesan materialnya. Lalu, ada kesulitan yang terkait dengan Covid-19.

Baca juga: Bukan Rossi, Petronas Yamaha Andalkan Morbidelli di MotoGP 2021

"Kondisi pandemi membuat perusahaan, sponsor, dan Yamaha di bawah tekanan. Ini bukanlah waktu yang tepat dari segi ekonomi. Keputusan untuk spesifikasi motor Franco dibuat di pertengahan 2020. Ini bukanlah sesuatu yang bisa diubah di Oktober atau November," kata Lin Jarvis.

Namun, Lin Jarvis juga setuju bahwa Morbidelli seharusnya mendapat motor dengan spesifikasi terkini. Sayangnya, hal tersebut tidak memungkinkan untuk saat ini.

"Tapi, seperti yang kita lihat tahun lalu, A-spec sangat mirip dan tampil dengan baik," ujar Lin Jarvis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com