Pakai Mesin 1.0L Turbo, Seberapa Irit BBM Nissan Magnite ?

Kompas.com - 09/02/2021, 12:51 WIB
Nissan Magnite jadi model terbaru SUV di Indonesia. Pengujian berkendara harian dilakukan Kompas.com selama beberapa waktu. KOMPAS.COM/STANLY RAVELNissan Magnite jadi model terbaru SUV di Indonesia. Pengujian berkendara harian dilakukan Kompas.com selama beberapa waktu.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengusung mesin 3 silinder berkubikasi 1.000 cc turbo, Nissan Magnite memang menawarkan sensasi pengalaman berkendara baru. Apalagi genrenya sebagai sebuah sport utility vehicle (SUV) compact.

Bila dibandingkan dengan para rival yang ada di segemen SUV murah, sudah pasti mesin Magnite yang terkecil. Tapi melihat dari torsi yang dimiliki, SUV asal India ini patut diperhitungkan.

Lantas apakah dengan konfigurasi yang dimiliki Magnite, terbukti ampuh memberikan dampak positif bagi efisiensi bahan bakarnya ?

Baca juga: Impresi Perdana Jajal Performa Nissan Magnite di Jalur Perkotaan

Nissan Magnite jadi model terbaru SUV di Indonesia. Pengujian berkendara harian dilakukan Kompas.com selama beberapa waktu.KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Nissan Magnite jadi model terbaru SUV di Indonesia. Pengujian berkendara harian dilakukan Kompas.com selama beberapa waktu.

Mengingat, Nissan mengklaim mesin HRAO Magnite dijejali teknologi mirror bore cylinder coating yang digunakan Nissan GT-R. Selain berguna mengurangi resistensi, bobot, dan menghasilkan akselerasi lebih halus, juga membuat bakar bakar lebih irit.

Dari pengetesan redaksi dengan jarak tempuh mencapai 349,5 km sampai kembali ke kantor Nissan, konsumsi rata-rata BBM yang didapat berdasarkan MID mencapai 12,9 kpl.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun perlu diketahui, hasil tersebut merupakan total pemakaian Magnite selama beberapa hari dengan ragam rute perjalanan. Mulai dari ruas jalan di dalam kota, sampai mengajak bermain singkat ke habitatnya di kawasan Bogor, Jawa Barat.

Konsumsi BBM Nissan MagniteKOMPAS.com/SETYO ADI Konsumsi BBM Nissan Magnite

Rute dan kondisi jalan yang dilewati juga bervariasi, mulai dari kemacetan lalu lintas di jalan nasional, menjajal berkendara sedikit agresif di tol, sampai menanjak jalur berkelok yang cukup padat.

Baca juga: Ajak Nissan Magnite Bermain di Habitatnya

Berdasarkan catatan redaksi, ketika di rute dalam kota, dengan kondisi yang didominasi stop n go,  Magnite bisa membukukan konsumsi hingga 14,8 kpl.

Sementara ketika berjalan konstan di tol dengan memanfaatkan fitur cruise control, berdasarkan MID konsumsi rata-ratanya menyentuh 16,7 kpl.

Hasil tersebut tidak mengecewakan bagi sebuah SUV, karena meski mengusung mesin yang kecil, tetap ada perhitungan dari sisi bobot keseluruhan, kondisi jalan, gaya berkendara, bahkan sampai faktor cuaca.

Baca juga: Ragam Fitur Nissan Magnite, Mumpuni Sebagai SUV?

Nissan Magnite jadi model terbaru SUV di Indonesia. Pengujian berkendara harian dilakukan Kompas.com selama beberapa waktu. Nissan Magnite jadi model terbaru SUV di Indonesia. Pengujian berkendara harian dilakukan Kompas.com selama beberapa waktu.

Selama pengetesan, gaya berkendara cenderung bervariasi, tapi jujur saja kami cukup menikmati sensasi mode sport yang ditawarkan Magnite. Tak heran dalam beberapa kesempatan pedal gas sengaja kami injak lebih dalam.

Menariknya lagi, meski Nissan Magnite mengusung mesin tiga silinder, namun dari sisi tingkat kebisingan dan getaranya sangat minim.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X