Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Sederhana Kurangi Pengendara Motor Masuk Jalan Tol

Kompas.com - 06/02/2021, 17:23 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kejadian pengendara motor yang masuk jalan tol memang kerap terjadi di Indonesia. Bahkan belum lama ini ada tiga remaja naik motor tanpa mengenakan helm masuk ke jalan tol JORR.

Menanggapi hal tersebut, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, pengendara motor yang masuk tol memang sering terjadi dan mereka tidak pernah mau belajar risikonya.

“Waktu mau masuk jalur tol, dia enggak pernah membaca rambu-rambu, main asal tancap gas,” ucap Sony kepada Kompas.com, Sabtu (6/1/2021).

Baca juga: Honda PCX 160 Meluncur, PCX 150 Disuntik Mati

Pemotor masuk tol Jakarta-Cikampek pada Minggu (30/8/2020).KOMPAS.com/Ruly Pemotor masuk tol Jakarta-Cikampek pada Minggu (30/8/2020).

Memang sudah ada rambu dan sudah memenuhi syarat, namun tidak ada sign khusus. Mengingat masih ada faktor eror yang dilakukan oleh pengendara motor yang masuk ke jalur tol, nampaknya rambu tersebut kurang diperhatikan.

“Sebaiknya diberikan lagi sign khusus, misal marka jalan berwarna kuning dengan tulisan JALAN TOL. Tujuannya kan bagus, untuk lebih kepada keselamatan,” ucap Sony kepada Kompas.com, Sabtu (6/2/2021).

Baca juga: Rumors Terbaru Toyota Land Cruiser LC300, Meluncur Mei 2021

Sony mengatakan, dengan warna kuning di bawah atau aspal, lebih terlihat oleh pengendara motor daripada rambu yang di atas. Hal ini dikarenakan, mata pengendara motor yang cenderung menghindari panas, sehingga mukanya tidak dongak ke atas.

“Ketika ada tulisan tersebut, minimal pengendara akan mengurangi kecepatannya untuk melihat, tapi lebih bagus kalau disosialisasikan juga. Jadi kalau ada pengendara motor yang masuk jalan tol, tidak bablas sampai jauh,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com