Cara Sederhana Kurangi Pengendara Motor Masuk Jalan Tol

Kompas.com - 06/02/2021, 17:23 WIB
Pengendara motor masuk tol Jakarta-Cikampek instagram.com/dashcamindonesiaPengendara motor masuk tol Jakarta-Cikampek

JAKARTA, KOMPAS.com – Kejadian pengendara motor yang masuk jalan tol memang kerap terjadi di Indonesia. Bahkan belum lama ini ada tiga remaja naik motor tanpa mengenakan helm masuk ke jalan tol JORR.

Menanggapi hal tersebut, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, pengendara motor yang masuk tol memang sering terjadi dan mereka tidak pernah mau belajar risikonya.

“Waktu mau masuk jalur tol, dia enggak pernah membaca rambu-rambu, main asal tancap gas,” ucap Sony kepada Kompas.com, Sabtu (6/1/2021).

Baca juga: Honda PCX 160 Meluncur, PCX 150 Disuntik Mati

Pemotor masuk tol Jakarta-Cikampek pada Minggu (30/8/2020).KOMPAS.com/Ruly Pemotor masuk tol Jakarta-Cikampek pada Minggu (30/8/2020).

Memang sudah ada rambu dan sudah memenuhi syarat, namun tidak ada sign khusus. Mengingat masih ada faktor eror yang dilakukan oleh pengendara motor yang masuk ke jalur tol, nampaknya rambu tersebut kurang diperhatikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Sebaiknya diberikan lagi sign khusus, misal marka jalan berwarna kuning dengan tulisan JALAN TOL. Tujuannya kan bagus, untuk lebih kepada keselamatan,” ucap Sony kepada Kompas.com, Sabtu (6/2/2021).

Baca juga: Rumors Terbaru Toyota Land Cruiser LC300, Meluncur Mei 2021

Sony mengatakan, dengan warna kuning di bawah atau aspal, lebih terlihat oleh pengendara motor daripada rambu yang di atas. Hal ini dikarenakan, mata pengendara motor yang cenderung menghindari panas, sehingga mukanya tidak dongak ke atas.

“Ketika ada tulisan tersebut, minimal pengendara akan mengurangi kecepatannya untuk melihat, tapi lebih bagus kalau disosialisasikan juga. Jadi kalau ada pengendara motor yang masuk jalan tol, tidak bablas sampai jauh,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.