Mesin Motor Mati Usai Terjang Banjir, Jangan Langsung Dinyalakan

Kompas.com - 06/02/2021, 15:45 WIB
Akibat nekat melintasi Jalan Salatiga-Ambarawa yang banjir, sepeda motor mogok. KOMPAS.com/DIAN ADE PERMANAAkibat nekat melintasi Jalan Salatiga-Ambarawa yang banjir, sepeda motor mogok.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir yang terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia membuat pengendara kendaraan bermotor harus ekstra hati-hati saat melintas.

Jika salah perhitungan, bukannya bisa menembus jalanan yang tergenang air tetapi kendaraan justru macet dan harus didorong.

Sepeda motor seringkali mengalami mogok ketika dipaksa menerjang banjir dengan ketinggian air melebihi ujung knalpot.

Tak sedikit pemilik kendaraan langsung berusaha menghidupkannya setelah mendorongnya ke tempat yang lebih aman.

Baca juga: Bisa atau Tidak SIM Gantikan KTP Saat Bayar Pajak Kendaraan?

Padahal, upaya untuk menyalakan mesin sepeda motor setelah macet karena terendam air hujan justru tidak dianjurkan.

Pengendara sepeda motor saat menuntut motornya yang mogok karena terendam banjir di jalan Yos Sudarso Semarang, Kamis (4/6/2020).KOMPAS.com/RISKA FARASONALIA Pengendara sepeda motor saat menuntut motornya yang mogok karena terendam banjir di jalan Yos Sudarso Semarang, Kamis (4/6/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pasalnya, cara ini justru bisa berdampak buruk pada mesin dan tidak menutup kemungkinan bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah.

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, sepeda motor yang mengalami mogok setelah menerjang banjir sebaiknya tidak langsung dinyalakan.

“Sebaiknya, jangan langsung berusaha untuk menghidupkannya, dikhawatirkan jika baterai atau komponen kelistrikan motor masih banyak air,” kata Endro kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa KTP Jadi Syarat Wajib Saat Bayar Pajak Kendaraan

Jika hal itu dilakukan, Endro menambahkan, dikhawatirkan air yang masih ada pada kendaraan bisa masuk ke ruang mesin sehingga menyebabkan kerusakan.

Selain itu, ada potensi permasalahan lain ketika sepeda motor dipaksa menerjang genangan air banjir yakni bercampurnya air dengan oli mesin.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X